detikNews
2019/11/09 10:11:30 WIB

Muhammadiyah Minta Sosok Kahar Mudzakkir Jadi Teladan Elite Bangsa

Haris Fadhil - detikNews
Halaman 1 dari 2
Muhammadiyah Minta Sosok Kahar Mudzakkir Jadi Teladan Elite Bangsa Haedar Nashir (Foto: Usman Hadi/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengapresiasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang telah memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada Kahar Mudzakkir. Haedar mengatakan gelar pahlawan Kahar membuat ada 3 tokoh kemerdekaan dari Muhammadiyah yang menjadi Pahlawan Nasional sejak 2015-2019.

"Pada periode ini tiga tokoh pejuang Indonesia dan tokoh-tokoh penting Muhammadiyah yang diusulkan dan diikhtiarkan Pimpinan Pusat yang melibatkan sejumlah pihak alhamdulillah telah berhasil diberikan gelar Pahlawan Nasional," kata Haedar kepada wartawan, Sabtu (9/11/2019).



Ketiga tokoh itu adalah Ki Bagus Hadikusumo pada 2015, Mr Kasman Singedimedjo pada 2018 dan Kahar Mudzakkir pada 2019. Dia meminta sosok para pahlawan nasional itu menjadi teladan bagi generasi dan elite bangsa saat ini.

"Para pejuang kemerdekaan dan siapapun yang berjasa bagi negara sebelum dan sesudah Indonesia merdeka tentu sangatlah banyak, ada yang tercatat dan mungkin masih terdapat mereka yang luput dari perhatian pemerintah. Semuanya penting untuk menjadi contoh teladan bagi generasi dan elite bangsa untuk berkhidmat sepenuh hati bagi kepentingan bangsa dan negara," ucapnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com