detikNews
2019/11/09 08:18:51 WIB

PKS Lirik Gibran, Pengamat: Manuver Pemecah Soliditas Jokowi-PDIP

Isal Mawardi - detikNews
Halaman 1 dari 2
PKS Lirik Gibran, Pengamat: Manuver Pemecah Soliditas Jokowi-PDIP Gibran Rakabuming Tinggalkan Kediaman Megawati/ Foto: Ari Saputra
Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melirik putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, dalam Pilwalkot Solo 2020. Pengamat politik Rico Marbun menilai dukungan partai oposisi di tingkat daerah merupakan hal yang lumrah.

"Ada hubungan silang lah. Di tingkat nasional dia oposisi, ternyata di tingkat daerah dia dukung koalisi, itu biasa-biasa saja," ujar Rico Marbun ketika dihubungi detikcom, Jumat (8/11/2019) malam.

Namun, Rico meyakini ada maksud lain dari PKS mendekati Gibran. Manuver PKS itu dinilai sebagai usaha memecah Jokowi dengan PDIP.

"Itu sebenarnya manuver politik untuk memecah soliditas Jokowi dan PDIP," kata Rico.



Rico melihat celah PKS menggaet Gibran terbuka lebar saat ini. Sebab, PDIP belum mengambil keputusan akan mengusung Gibran.

"Kalau mereka bisa memanfaatkan celah ini, apalagi kalau PDIP tidak mendukung, misalnya kan tapi ini masih lama (Pilwalkot Solo), sebagai kompetitor politik, ya pasti mereka akan menggoda ini supaya soliditas antara Jokowi dan PDIP itu terganggu," paparnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com