detikNews
Jumat 08 November 2019, 18:53 WIB

Siapa Himayatuddin Muhammad Saidi Penerima Gelar Pahlawan Nasional?

Niken Widya Yunita - detikNews
Siapa Himayatuddin Muhammad Saidi Penerima Gelar Pahlawan Nasional? Siapa Himayatuddin Muhammad Saidi Penerima Gelar Pahlawan Nasional?/Foto: istimewa
Jakarta - Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi menerima gelar pahlawan nasional. Siapa dia?

Pemberian gelar tersebut dilangsungkan di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/11/2019). Pemberian gelar tersebut diterima langsung oleh para ahli waris.

Berikut profil Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi:



1. Sultan Buton

Himayatun merupakan Sultan Buton, Sulawesi Tenggara. Dia berkuasa selama dua periode sebagai Sultan Buton ke-20 pada 1752-1755 dan ke-23 pada 1760-1763.

2. Pejuang

Dia pejuang gerilyawan yang menentang penjajahan Belanda di wilayah Kesultanan Buton. Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi menjadi pejuang selama menjadi Sultan Buton. Dia keluar masuk kawasan hutan, mengatur strategi melawan pendudukan pemerintah Belanda.


3. Oputa Yi Koo

Himayatun Muhammad Saidi dinobatkan sebagai Oputa Yi Koo oleh pihak Kesultanan Buton. Gelar itu bemakna raja atau penguasa yang bergerilya melawan penjajah di dalam hutan. Pemberian gelar itu karena Himayatin berhasil mengusir kaum penjajah di Buton.




4. Dapat Gelar Pahlawan Nasional


Sultan Himayatuddin Muhammad Saidi menjadi salah satu dari 6 tokoh yang hari ini resmi mendapat gelar pahlawan nasional. Gelar tersebut diberikan oleh Presiden Jokowi kepada ahli waris dalam prosesi yang berlangsung di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Gelar tersebut diberikan Jokowi sesuai dengan Keppres Nomor 120/TK/Tahun 2019 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional. Gelar itu diterima oleh para ahli waris.


Simak juga video "Jokowi Berikan 6 Tokoh Gelar Pahlawan Nasional" :

[Gambas:Video 20detik]


(nwy/vmp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com