NasDem Dukung Evaluasi Pilkada Langsung: Usulan Harus Open Mind

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 08 Nov 2019 18:44 WIB
Foto: Johnny G Plate (Lisye Sri Rahayu/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem mendukung rencana evaluasi Pilkada langsung. Sekjen NasDem, Johnny G Plate mengatakan partainya siap memberikan masukan terkait evaluasi tersebut.

"Ya kami akan melihat itu bagus sekali itu direview, kami juga akan memberikan pikiran-pikiran kami dari hasil kongres kami, terkait dengan kelebihan pilkada serentak, kekurangan pilkada serentak, tantangan pilkada serentak, dan peluang-peluang peningkatan kualitas demokrasi," kata Plate, di JI Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).



Tidak hanya wacana evaluasi sistem pilkada, Plate juga bicara pada sistem pileg dan pilpres. Menurutnya, gagasan tersebut harus dibuka dan berjalan secara rasional relevan.

"Gagasan itu harus berkembang dan dibuka ruang untuk diskusi-diskusi yang rasional tetapi yang relevan dengan kita," ujar Plate.



Plate mengatakan, evaluasi Pilkada harus dibangun dengan tiga dasar. Dengan demikian, menurut dia, cita-cita demokrasi yang maju bisa terwujud.

"Yang paling penting kan usulan-usulan itu dibangun dengan 3 dasar. Pertama open mind, hati kita bersih, open heart, ketiga itu open will, kita punya keinginan untuk bangsa ini maju dan demokrasi kita maju dan berkembang dengan baik," imbuh Plate.



Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karanvian mempertanyakan sistem pilkada langsung. Dia menilai sistem pemilu itu menimbulkan dampak negatif, yakni biaya politik yang tinggi.

"Kalau dari saya sendiri justru pertanyaan saya adalah apakah sistem politik pemilu pilkada ini masih relevan setelah 20 tahun? Banyak manfaatnya partisipan demokrasi meningkat. Tapi juga kita lihat mudaratnya ada, politik biaya tinggi. Kepala daerah kalau nggak punya Rp 30 miliar mau jadi bupati, mana berani dia," ujar Tito di kompleks parlemen, Jakarta Selatan, Rabu (6/11).


Simak juga video "Ada Bamsoet di DPP NasDem, Bahas Apa?" :

[Gambas:Video 20detik]

(rfs/idn)