4 Cawagub Baru Muncul, Syaikhu Serang Gerindra soal Etika Politik

Danu Damarjati - detikNews
Jumat, 08 Nov 2019 16:02 WIB
Ahmad Syaikhu, salah satu cawagub DKI dari PKS. (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - Salah satu calon Wakil Gubernur DKI asal PKS, Ahmad Syaikhu, bereaksi atas manuver Partai Gerindra yang kini menyodorkan empat nama cawagub pendamping Gubernur Anies Baswedan. PKS menilai Gerindra telah melanggar komitmen dan etika politik.

"Masyarakat akan menilai Gerindra tidak komitmen, karena tidak memiliki etika politik," kata Syaikhu dalam keterangan pers tertulis, Jumat (8/11/2019).


Penentuan sosok pengganti Sandiaga Uno sebagai cawagub DKI, menurut PKS, adalah soal keseriusan, komitmen, dan etika politik. PKS beranggapan kursi peninggalan Sandiaga adalah haknya. PKS sudah punya dua nama cawagub, yakni Syaikhu sendiri dan Agung Yulianto.

"Dua nama Cawagub DKI itu sudah ada di DPRD, Agung Yulianto dan saya. Jadi ini bicara keseriusan, komitmen dan etika politik," tegas Syaikhu.


Syaikhu kini menuntut keseriusan Gerindra untuk menindaklanjuti proses penentuan cawagub DKI. Seperti diberitakan, Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, Mohamad Taufik, menyebut pihaknya telah mengirimkan empat nama cawagub, yakni Arnes Lukman, Ferry Juliantono, Ahmad Riza Patria, dan Saefullah. Usulan itu termuat dalam surat yang ditujukan ke DPP PKS.

"Sekarang kita mau serius atau tidak mencari pendamping Anies?" desak Syaikhu.




Tonton juga video Tinggal Isi Nama, Anies Siap Kirim Surat Pengantar Cawagub:

[Gambas:Video 20detik]

(dnu/imk)