detikNews
2019/11/08 08:27:55 WIB

Kasus Bu Guru Ajak Siswi Threesome, Komisi Pendidikan DPR Syok

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kasus Bu Guru Ajak Siswi Threesome, Komisi Pendidikan DPR Syok Foto: Dok. Humas Polres Buleleng
Jakarta - Bali digemparkan kasus Bu Guru Ni Made Sri Novi Darmaningsih (29) mengajak siswinya melakukan threesome atau seks tiga orang untuk memuaskan hasrat sang kekasih, AA Putu Wartayasa (36). Komisi Pendidikan DPR kaget dan meminta Mendikbud Nadiem Makarim mengkaji rekrutmen guru selama ini.

"Pastinya itu satu temuan yang sangat syok ya saya juga dengarnya, kita merasa terpukul juga seorang pendidik bisa juga kan menjadi contoh yang atau bahkan memengaruhi anak didik melakukan hal di luar panutan moral pada umumnya," kata Wakil Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian saat dihubungi, Kamis (7/11/2019) malam.



Hetifah meminta kasus ini untuk direnungkan bersama-sama. Menurutnya, orang-orang yang hendak direkrut sebagai guru haruslah memiliki komitmen untuk benar-benar mengajar, bukan hanya sekadar untuk gengsi.

"Bagaimana kita bisa merekrut guru-guru ke depan itu, ini juga salah satu catatan Nadiem kemarin, bahwa guru itu harus orang-orang yang memang memiliki kayak panggilan hati itu memang jadi pendidik karena itu tugas paling sulit," kata Hetifah.

"Dia (Nadiem) bilang jadi menteri lebih gampang daripada jadi guru. Tapi kita tuh kan sekarang, mungkin banyak guru-guru itu yang menjadi guru dengan motif yang berbeda. Misalnya dia mencari pekerjaan atau gengsi, atau bisa jadi karena nggak ada pilihan lain," imbuh Hetifah.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com