7 Fakta Partai Gelora: Didirikan Eks Presiden PKS, Siap ikut Pilkada 2020

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 07 Nov 2019 16:26 WIB
7 Fakta Partai Gelora: Didirikan Eks Presiden PKS, Siap ikut Pilkada 2020/Foto: instagram
Jakarta - Partai Gelora (Gelombang Rakyat) segera dideklarasikan oleh Fahri Hamzah, mantan Wakil Ketua DPR yang juga eks politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sejumlah mantan elite PKS disebut juga akan bergabung dengan Partai Gelora yang rencananya akan dideklarasikan pada 10 November mendatang.

Para pendiri sepakat menetapkan tanggal 28 Oktober sebagai hari kelahiran Partai Gelora. Ini bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Berikut fakta-fakta Partai Gelora yang dirangkum detikcom:



1. Transformasi dari Garbi

Partai Gelora merupakan transformasi dari Ormas Garbi (Gerakan Arah Baru Indonesia). Langkah itu dilakukan sebagai wujud aspirasi dari anggota ormas.

2. Digagas Anis Matta dan Fahri Hamzah

Partai Gelora didirikan oleh mantan Presiden PKS Anis Matta dan Fahri Hamzah. Awalnya mereka berdua membentuk Garbi pada 2017 lalu.

3. Luncurkan Logo

Dalam akun Instagramnya, Fahri Hamzah meluncurkan logo Partai Gelora. Logo tersebut didominasi dua warna, yakni merah dan biru dengan bentuk seperti Ying-Yang.



4. Makna Partai

Nama Partai Gelora memiliki arti membangunkan kejayaan Indonesia. Partai ini dibentuk atas desakan anggota Ormas Garbi.

5. Deddy Mizwar akan Gabung

Selain Fahri Hamzah dan Anis Matta, politikus Partai Demokrat Deddy Mizwar juga diketahui akan bergabung. Menurutnya, visi misi Partai Gelora sama dengan keinginannya.

6. Bakal Maju Pilkada 2020

Fahri Hamzah mengatakan Partai Gelora akan ikut serta dalam Pilkada 2020 nanti. Hal ini merupakan salah satu target dari dibentuknya Partai Gelora.

7. Segera Deklarasi

Partai Gelora akan segera dideklarasikan oleh Fahri Hamzah. Pihaknya pun meminta doa agar semua urusan deklarasi Partai Gelora dimudahkan. (pay/erd)