Cerita Warga soal Munculnya Busa di Aliran Air BKT Cakung

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 07 Nov 2019 15:14 WIB
Busa saat sempat muncul di aliran air BKT. (Agung Pambudhy/detikcom)
Busa saat sempat muncul di aliran air BKT. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Busa sempat muncul di pintu air Kanal Banjir Timur Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur. Salah seorang warga mengatakan munculnya busa bukan pertama kali terjadi.

"Kalau masalah busa. Ada aja sih busa. Kadang-kadang sampai radius 500 meter masih ada busanya," kata warga Ujung Menteng bernama Muhap di Pintu Air Wier 2 Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (7/11/2019).


Menurut Muhap, kadang-kadang busa di aliran sungai tersebut bisa lama bertahan di pintu air. Tebalnya 100-200 meter.

"Busanya itu warna putih. Nggak ada warna lain. Kadang-kadang kalau ketiup angin juga bisa mental juga gitu," ucap Muhap.

Cerita Warga Soal Munculnya Busa di Aliran Air BKT CakungBusa di BKT Ujung Menteng, Cakung, sudah hilang. (Rahel/detikcom)

Muhap juga mengatakan bahwa sejauh ini masih belum bisa ada keluhan yang signifikan dari warga setempat terkait busa yang muncul di aliran sungai itu.

"Sejauh ini belom ada keluhan sih, yang namanya keluhan," tutur Muhap.


Sebelumnya, diketahui bahwa lautan busa yang sempat muncul di pintu air Kanal Banjir Timur Ujung Menteng sudah hilang. Keterangan operator Pintu Air Wier 2 Ujung Menteng busa itu terjadi karena adanya perpindahan air dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah.

"Jadi gini lah, di mana air atas turun ke bawah dengan ketinggian tertentu secara otomatis itu semacam diaduk lah. Itulah makanya terjadi busa. Memang kenapa busanya terlalu banyak karena 5 pintu saya buka," jelas Operator Pintu Air Wier 2 Ujung Menteng, Ano Romansyah, di lokasi.



Tonton juga video Gunungan Busa Setinggi 5 Meter Hebohkan Warga Jombang:

[Gambas:Video 20detik]

(imk/imk)