Moeldoko soal Wakil Panglima TNI: Para Kepala Staf Punya Kans

Andhika Prasetia - detikNews
Kamis, 07 Nov 2019 13:04 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Lisye/detikcom)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Lisye/detikcom)
Jakarta - Lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66/2019, TNI memiliki pos wakil panglima. Tiga kepala staf, yaitu KSAD, KSAL, dan KSAU, berpeluang diangkat menjadi wakil panglima TNI.

"Ya saya pikir para kepala staf punya kans untuk itu," ujar Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (7/11/2019).

Wakil Panglima TNI akan diisi oleh jenderal bintang empat. Moeldoko saat ditanya soal peluang KSAD Andika Perkasa, menolak berkomentar.

"Takon (tanya) panglima (Marsekal Hadi Tjahjanto), kok takon aku," kata eks Panglima TNI ini.


Soal nama Wakil Panglima TNI bisa ditentukan oleh Presiden Jokowi atau Marsekal Hadi. Moeldoko mengatakan wakil panglima nantinya bisa diputuskan lewat peraturan panglima.

"Yang menentukan bisa panglima, bisa presiden, atau atas saran panglima. Penunjukan," kata Moeldoko.


Moeldoko menjelaskan, wakil panglima bisa mempermudah urusan panglima jika tengah bertugas ke luar negeri atau ada tugas lainnya. Usul ini sempat disampaikan Moeldoko kepada Jokowi.

"Saya pikir begitu. Ada beberapa usulan saya yang pertama waktu saya jadi panglima, pangkobgas, satuan tugas khusus operasi, sudah direalisasikan. Sekarang wakil panglima, sudah direalisasikan," ujar Moeldoko.




Tonton juga video Panglima TNI Rapat Bersama DPR, Bahas Pemindahan Ibu Kota:

[Gambas:Video 20detik]



(dkp/fdn)