ICW: Kami Tolak Seluruh Konsep Dewan Pengawas KPK

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 07 Nov 2019 09:21 WIB
Foto: Peneliti ICW Kurnia Ramadhana (Nurin-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan nama-nama Dewan Pengawas (Dewas) KPK masih dalam penggodokan. Indonesia Corruption Watch (ICW) mengatakan menolak seluruh konsep Dewas KPK.

"ICW pada dasarnya menolak keseluruhan konsep dari Dewan Pengawas KPK," ujar peneliti ICW Kurnia Ramadhana saat dihubungi Rabu (6/11/2019).



Kurnia mengatakan, KPK masuk dalam lembaga negara independen dengan membangun sistim pengawasan. Menurut Kurnia pengawasan tersebut telah dilakukan KPK, dengan adanya Deputi Pengawas Internal dan diawasi oleh BPK hingga DPR.

"Secara teoritik KPK, masuk dalam rumpun lembaga negara independen yang tidak mengenal konsep lembaga Dewan Pengawas. Sebab yang terpenting dalam lembaga negara independen adalah membangun sistem pengawasan, hal itu sudah dilakukan KPK dengan adanya Deputi Pengawas Internal dan Pengaduan Masyarakat. Bahkan, kedeputian tersebut pernah menjatuhkan sanksi etik pada dua pimpinan KPK, yakni Abraham Samad dan Saut Situmorang," kata Kurnia.

"Lagi pun dalam UU KPK yang lama sudah ditegaskan bahwa KPK diawasi oleh beberapa lembaga, misalnya BPK, DPR, dan Presiden. Lalu pengawasan apa lagi yang diinginkan oleh negara?" sambungnya.


Selanjutnya
Halaman
1 2