Buka Acara Kemah Pemuda, Menag Fachrul Dorong Moderasi Beragama

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 18:38 WIB
Menag Buka Kemah Pemuda (Jefrie Nandy Satria/detikcom)

Kegiatan ini diikuti oleh 100 pemuda yang terdiri atas berbagai ormas Islam, seperti Generasi Muda Ansor dan Pemuda Muhammadiyah. Fachrul sangat optimistis kegiatan ini mampu menghasilkan manfaat bagi upaya moderasi beragama.

"Tapi saya yakin ini saya optimis ini menghasilkan sesuatu yang jauh lebih baik. Kita betul-betul manfaatkan untuk mengembangkannya dengan lebih baik lagi," sambungnya.

Dirjen Bimbingan Masyarakat (Binmas) Islam Kemenag Muhammadiyah Amin yang turut hadir menyampaikan kegiatan ini penting karena melibatkan generasi muda. Kegiatan ini, menurutnya, adalah wujud kehadiran pemerintah dalam menyikapi berbagai paham keagamaan.

"Kegiatan kemah pemuda lintas paham keagamaan Islam merupakan suatu wujud hadirnya pemerintah, dalam hal ini kementerian agama, dalam menyikapi munculnya berbagai aliran paham keagamaan di Indonesia," kata Amin.


Amin juga mengatakan kegiatan ini juga sebagai langkah mengantisipasi konflik antar-aliran keagamaan. Menurutnya generasi muda dan ormas akan memiliki peran yang penting dalam mewujudkan hal tersebut.

"Bersama-sama para generasi muda, berbagai unsur masyarakat dan ormas yang hadir pada kegiatan ini untuk menyatukan langkah mengantisipasi munculnya konflik berkembangnya aliran paham keagamaan di tengah-tengah kehidupan masyarakat," sambungnya.
Halaman

(jef/haf)