Terekam Kamera di Sumsel, Kucing Emas Misterius Kini Terancam Punah

Terekam Kamera di Sumsel, Kucing Emas Misterius Kini Terancam Punah

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 18:10 WIB
Kucing emas yang ditemukan di Aceh beberapa bulan lalu. (Agus/detikcom)
Kucing emas yang ditemukan di Aceh beberapa bulan lalu. (Agus/detikcom)
Jakarta - Kucing emas (Catopuma temminckii) yang tertangkap kamera di hutan Sumatera Selatan (Sumsel) dikenal misterius. Kucing yang berhabitat di hutan ini sudah berstatus terancam punah.

"Kucing emas merupakan jenis kucing yang berstatus terancam punah karena populasinya terus menurun akibat hilangnya habitat. Karena hal tersebut, sudah selayaknya kita menjaga habitat kucing emas ini dari kerusakan," demikian pernyataan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di situsnya seperti dilihat detikcom, Rabu (6/11/2019).


Kucing ini ditemukan di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Isau-Isau. Hutan kawasan konservasi yang dikelola Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Sumsel diyakini jadi habitat hewan ini.

Kucing emas masuk daftar International Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List yang berisi status spesies-spesies di dunia. Kucing emas Asia berstatus hampir terancam punah.

Kucing emas hidup di seluruh Asia Tenggara, dari Tibet, Nepal, Bhutan, India, dan Bangladesh ke Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Cina Selatan ke Malaysia, dan Sumatera. Gerak-gerik reproduksi kucing emas Asia masih misterius karena spesies ini sulit untuk diamati. Kucing emas Asia liar punya ketakutan terhadap manusia.


Kucing emas merupakan hewan karnivora yang memburu mangsanya dengan menyergap. Warna bulu cokelat kemerahan membantu kucing emas berkamuflase di lantai hutan. Mangsa utama kucing emas ialah mamalia berukuran sedang seperti kancil, kijang, anak rusa maupun burung.

Selanjutnya
Halaman
1 2