ADVERTISEMENT

Nadiem Siap Wujudkan Arahan Jokowi: Kurikulum untuk Latih Kompetensi

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 06 Nov 2019 15:20 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim (Farih/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengungkapkan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kurikulum dalam dunia pendidikan. Nadiem menyampaikan, Jokowi menginginkan kurikulum berfungsi melatih daya kompetensi pelajar, tidak sekadar melatih daya hafal terhadap suatu informasi.

"Sesuai arahan Pak Presiden, maksudnya perubahan kurikulum itu bukan berarti kontennya saja yang berubah. Tapi esensi dari arahan Pak Presiden adalah satu, penyederhanaan dan juga cara penyampaian kurikulum itu harus berbeda," kata Nadiem di kantornya, gedung Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Rabu (6/11/2019).


Nadiem mengatakan hal itu menjadi pekerjaan rumah (PR) untuknya. Nadiem mengaku perlu waktu yang tak sebentar untuk mewujudkan hal tersebut.

"Harus melatih, arahnya itu melatih kompetensi, bukan masalah menghafal informasi, itu maksudnya Pak Presiden. Dan itu adalah PR saya untuk bisa mengimplementasikan, tapi itu adalah suatu hal yang bukan, nggak bisa dilakukan secara cepat," ujar Nadiem.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT