KPK Panggil Eks Pejabat PT Pelindo II Jadi Saksi Kasus RJ Lino

KPK Panggil Eks Pejabat PT Pelindo II Jadi Saksi Kasus RJ Lino

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 05 Nov 2019 10:40 WIB
Foto: Ari Saputra/detikcom
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil saksi-saksi terkait kasus korupsi pengadaan Quay Container Crane (QCC) di PT Pelindo II yang menjerat RJ Lino. Kali ini, KPK memanggil mantan Senior Manager Pembendaharaan PT Pelindo II Edi Winoto.

"Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka RJL (RJ Lino)," kata Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (21/10/2019).

Selain itu, KPK memanggil mantan pejabat PT Pelindo II Sholvasdi alias Sjaulfasdi Syarif menjadi saksi. Ia akan diperiksa untuk tersangka RJ Lino.


RJ Lino yang merupakan mantan Dirut PT Pelindo II yang ditetapkan KPK sebagai tersangka pada 2015. Lino diduga menyalahgunakan wewenang untuk memperkaya diri sendiri dan orang lain atau korporasi dalam pengadaan 3 unit QCC pada 2010.


Lino juga diduga menyalahgunakan kewenangannya dengan memerintahkan penunjukan langsung kepada perusahaan asal China untuk pengadaan 3 QCC tersebut. Pada saat itu, Lino menjabat Direktur Utama PT Pelindo II.

Kerugian negara dalam kasus ini disebut mencapai Rp 60 miliar. KPK pun sempat memeriksa RJ Lino pada 5 Februari 2016. Sejak ditetapkan sebagai tersangka, Lino belum ditahan KPK sampai saat ini.




Simak juga video Perppu KPK Menunggu MK, Tepat Atau Sesat?:

[Gambas:Video 20detik]



(ibh/aan)