detikNews
2019/11/05 08:28:38 WIB

RUU KUHP Mau Dibahas Lagi, ICW: Masih Banyak Pasal Kontroversial

Indra Komara - detikNews
Halaman 1 dari 2
RUU KUHP Mau Dibahas Lagi, ICW: Masih Banyak Pasal Kontroversial Peneliti ICW Kurnia Ramadhan (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Komisi III DPR RI bicara peluang pembahasan kembali pasal-pasal yang tertuang dalam RUU KUHP. ICW menyebut masih banyak pasal-pasal kontroversial di RUU KUHP.

"ICW pada dasarnya tidak menolak pembaruan hukum pidana melalui instrument perubahan KUHP. Namun masih banyak pasal-pasal kontroversial di dalamnya, contohnya delik terkait tindak pidana korupsi, yang justru akan berimplikasi buruk pada pemberian efek jera bagi pelaku korupsi," kata peneliti ICW, Kurnia Ramadhana kepada wartawan, Selasa (5/11/2019).

"Dalam delik tindak pidana korupsi rata-rata hukuman untuk pelaku korupsi justru dikurangi. Lalu bagaimana mungkin pemerintah dan DPR mengklaim penguatan pada pemberantasan korupsi?" sambung dia.



DPR juga akan melakukan sosialisasi RUU KUHP dan revisi UU Pemasyarakatan (PAS). Menurut Kurnia, sosialisasi tersebut hanya bersifat formalitas.

"Narasi sosialisasi yang dikatakan DPR rasanya hanya bersifat formalitas belaka. Faktanya, masukan maupun kritikan dari publik tidak pernah dipertimbangkan secara matang," jelas dia.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com