ADVERTISEMENT

Round-Up

Yang Berbeda dari Reuni 212 Tahun Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 05 Nov 2019 06:47 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho


Prabowo Hadir di Reuni 212 tahun laluPrabowo Hadir di Reuni 212 tahun lalu Foto: Pradita Utama


1. Kehadiran Prabowo

Novel Bamukmin mengatakan panitia belum membahas rencana mengundang Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Dia menyatakan memang belum bisa dipastikan nama-nama tokoh yang akan hadir. Namun dia mengatakan para aktivis dan ulama akan datang ke acara tersebut.

"Sampai saat ini tidak ada pembahasan tentang Prabowo," kata juru bicara PA 212, Novel Bamukmin, saat dimintai konfirmasi, Senin (4/11/2019).

Diketahui, tahun lalu, Prabowo hadir ke dalam acara tersebut. Prabowo yang saat itu masih berstatus sebagai capres dielu-elukan massa.

Saat itu, kedatangan Prabowo disambut teriakan 'Hidup Prabowo!' oleh sejumlah massa sambil mengacung-acungkan dua jari. Karena status capres masih melekat pada Prabowo, Bawaslu saat itu mengawasi jalannya acara.

Bawaslu juga memperingatkan agar reuni 212 tidak dipakai untuk kampanye.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Monas, Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2018), sejumlah massa tampak mengacungkan dua jari yakni jempol dan telunjuk saat Prabowo tiba. Teriakan 'Hidup Prabowo!' terus bergema hingga Prabowo sampai di area panggung utama.

"Saya tidak akan panjang-panjang bicara, karena sebagaimana kalian ketahui, saya sekarang telah mendapat tugas dan amanah sebagai calon presiden RI, dan karena itu saya harus patuh dan mengikuti semua ketentuan, saya tidak boleh bicara politik pada kesempatan ini, saya tidak boleh kampanye," tutur Prabowo dalam pidatonya.

Prabowo menyampaikan dia merasa bangga dengan banyaknya umat Islam yang hadir di Reuni 212. Prabowo menyebut merasa bangga karena massa datang dengan tertib. Selain Prabowo, sejumlah tokoh yang hadir di antaranya Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Gubernur DKI Anies Baswedan, Ahmad Dhani, hingga Amien Rais.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT