detikNews
2019/11/04 19:53:41 WIB

Takut Masalah dengan KPK, DPRD DKI Coret Anggaran Turap Rp 5 M Kali Ciasem

Arief Ikhsanudin - detikNews
Halaman 1 dari 2
Takut Masalah dengan KPK, DPRD DKI Coret Anggaran Turap Rp 5 M Kali Ciasem Rapat rencana anggaran KUA-PPAS di Gedung DPRD DKI Jakarta. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Kepala Unit Pengelola Sampah Terpadu (UPST) Bantargebang Asep Kuswanto menganggarkan pembangunan turap di Kali Asem senilai Rp 5 miliar. Namun, usulan tersebut dicoret berdasarkan rapat yang digelar bersama Komisi D DPRD DKI Jakarta.

Awalnya, Asep menjelaskan rencana pembangunan turap di Kali Ciasem senilai Rp 5 miliar saat rapat rencana KUA-PPAS 2020 dengan Komisi D. Kali tersebut memang melintasi kawasan Bantargebang.

"Jadi membangun turap, ada kali melintas di Bantargebang, tapi mulai longsor. Itu di dalam TPST Bantargebang," ucap Asep di gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin (4/11/2019).


Mendengar rencana itu, Asisten Pembangunan DKI Yusmada Faizal mengatakan permasalahan kali adalah tanggung jawab pemerintah daerah setempat. Harus ada persetujuan dari Pemerintah Kota Bekasi jika TPST Bantargebang ingin membuat turap.

"Kalau kali alam itu biasanya dikuasai oleh pemda setempat. Ada mekanismenya itu. Bisa Pak, tapi harus ada perizinan, atau bantuan keuangan (kepada Bekasi)," kata Yusmada.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com