detikNews
2019/11/04 15:30:46 WIB

Menristek Yakin Pemangkasan Eselon Bisa Dilakukan di Jajaran Peneliti

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Menristek Yakin Pemangkasan Eselon Bisa Dilakukan di Jajaran Peneliti Menristek/Kepala BRIN Bambang Brodjonegoro (Dok detikcom)
Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro yakin lembaga di bawah kementeriannya bisa melaksanakan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyederhanakan birokrasi. Kata dia, penyederhanaan eselon sudah terjadi di dua lembaga.

"Kalau lihat BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) sudah, mereka hanya sampai eselon 2 sisanya fungsional. Terpenuhi yang diinginkan," kata Bambang kepada wartawan usai menjadi pembicara utama dalam 7th Economix: Global Challenges International Seminar Auditorium Soeria Atmadja, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, sebagamana dilansir Antara, Senin (4/11/2019).



Mereka yang berada di BPPT dan LIPI adalah kelompok peneliti. Kebanyakan dari mereka adalah ahli dengan jabatan fungsional. Dengan kondisi itu, eselonisasi yang panjang tak diperlukan.

"Kalau untuk kelompok peneliti saya yakin sangat bisa dilakukan, karena peneliti, perekayasa, itu kan jabatan fungsional, itu tidak perlu eselon yang panjang, cukup sampai eselon 2. Habis eselon 2 langsung grup fungsional," kata Bambang.



Jabatan fungsional adalah jabatan PNS yang tugasnya berdasarkan keahlian dan keterampilan bersifat mandiri. Jabatan struktural adalah jabatan PNS yang berkaitan dengan kepemimpinan satuan organisasi, maka jabatannya bertingkat-tingkat eselon V hingga eselon I.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com