detikNews
Senin 04 November 2019, 11:51 WIB

Api Muncul dari Bus di Area Bandara Ngurah Rai

Aditya Mardiastuti - detikNews
Api Muncul dari Bus di Area Bandara Ngurah Rai ILUSTRASI/Bandara I Gusti Ngurah Rai/Foto: Aditya Mardiastuti
Badung -

Percikan api muncul dari bus angkutan penumpang di area Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Percikan api tidak sampai membakar bus.

"Kejadian pukul 08.45 Wita. Percikan api tidak sampai membakar bus," kata Communication and Legal Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Arie Ahsanurrohim saat dimintai konfirmasi, Senin (4/11/2019).

Arie mengatakan api berhasil dipadamkan dengan alat pemadam kebakaran (APAR). Dia memastikan insiden ini tak mengganggu operasional bandara Ngurah Rai.

"Tidak ada korban jiwa dan api bisa dipadamkan dengan Firex atau APAR," terangnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Elfi Amir sudah memanggil operator bus Sriwijaya Airlines tersebut. Elfi menuturkan pihaknya bakal meminta keterangan supaya insiden tersebut tidak terulang lagi.

"Iya pasti, untuk investigasi pasti orang-orang terlibat dimintai keterangan. Tapi percikan ini masalah 'minor' tapi tetap kita jadikan mitigasi agar tidak terulang tetap masuk kategori 'hazard'," jelas Elfi.

Dia menambahkan penanganan pemadaman api sudah sesuai prosedur. Ke depan dia bakal berkonsultasi dengan Ditjen Perhubungan Udara untuk mengambil langkah antisipasi.

"Percikan api di APB (apron passenger bus) Sriwijaya sudah sesuai SOP dan langsung di semprot APAR dan langsung mati percikannya. Kami akan konsultasi ke Dirjen perhubungan udara dan Direktur Bandar Udara, untuk pembatasan umur kendaraan agar tidak lebih dari sepuluh tahun khusus di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai," terangnya.

Peristiwa bus terbakar sebelumnya pada Jumat, 6 September. Kala itu bus milik PT Gapura Angkasa Pura Cabang Denpasar terbakar di area parkir parkir Bandara I Gusti Ngurah Rai usai mengangkut penumpang untuk boarding ke pesawat. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut dan kebakaran tersebut tidak menganggu operasional di bandara.




Tonton juga video Bus Terbakar di Bandara Ngurah Rai Bali, Asap Hitam Membubung:

[Gambas:Video 20detik]




(ams/fdn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com