detikNews
2019/11/01 17:57:16 WIB

Tipu PNS Aceh Rp 1,1 M dengan Iming-iming Proyek, Warga Jaksel Ditangkap

Agus Setyadi - detikNews
Halaman 1 dari 2
Tipu PNS Aceh Rp 1,1 M dengan Iming-iming Proyek, Warga Jaksel Ditangkap Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Banda Aceh - Seorang karyawan swasta berinisial ES (39) ditangkap di kediamannya terkait kasus penipuan. ES diduga menipu seorang PNS di Aceh dengan modus pengurusan proyek.

"Pelaku menjanjikan akan mengurus proyek untuk korban di Kementerian Desa (Kemendes). Korban diminta mengirim uang ke rekening pelaku hingga Rp 1,1 miliar," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Aceh Kombes Agus Sarjito kepada wartawan, Jumat (1/11/2019).

Kasus ini bermula pada akhir 2015 saat tersangka ES bertemu dengan korban Mah (51), PNS asal Banda Aceh. Dalam pertemuan tersebut, ES menawarkan pekerjaan berupa proyek dari Kemendes yang berlokasi di Sabang, Aceh.

ES kemudian meminta korban mengirim sejumlah uang dengan alasan untuk biaya pengurusan pekerjaan. Korban mentransfer uang ke rekening korban dengan total Rp 1,1 miliar melalui empat bank.



Dua tahun berselang atau tepatnya awal 2018, proyek yang dijanjikan tidak kunjung ada. Korban akhirnya meminta uangnya dikembalikan. Tapi ES kembali memberi janji palsu.

"Tersangka hanya memberikan janji-janji saja untuk pengembalian uang tersebut, akan tetapi sampai dengan sekarang uang tersebut belum dikembalikan," jelas Agus.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com