detikNews
2019/11/01 17:01:44 WIB

Dukung Penuh, Ibas Ungkit Prestasi Idham Azis di Era SBY

Elza Astari Retaduari - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dukung Penuh, Ibas Ungkit Prestasi Idham Azis di Era SBY Foto: Jenderal Idham Azis bersama SBY dan Ibas Yudhoyono. (Dok Fraksi Demokrat).
Jakarta - Ketua Fraksi Partai Demokrat (PD) DPR RI Edhie Baskoro (Ibas) Yudhoyono mendukung terpilihnya Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri. Ia pun mengungkit prestasi Idham di era pemerintahan sang ayah, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Jenderal Idham Azis orang yang baik, sangat kompeten dan berprestasi dan memenuhi syarat," ujar Ibas dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/11/2019).

Menurut Ibas, Jenderal Idham merupakan sosok yang mampu menjalankan amanah sebagai Kapolri. Ia juga yakin Idham bisa menjaga Indonesia lebih aman dan kondusif sebab mantan Kabareskrim Polri itu dianggap berpengalaman menangani kasus terorisme hingga menangkap gembongnya.


Ibas pun mengungkit keberhasilan Idham saat menjadi Kanit Pemeriksaan Subden Investigasi Densus 88 (Anti Teror) di era pemerintahan periode pertama SBY. Karir Idham memang melejit saat ikut terlibat dalam pengepungan tempat persembunyian pelaku Bom Bali II di Malang, Jawa Timur.

Dukung Penuh, Ibas Ungkit Prestasi Idham Azis di Era SBYFoto: Jenderal Idham Azis bersama Ibas Yudhoyono. (Dok Fraksi Demokrat).

Dalam penyergapan itu, dalang dan pembuat bom serangan Bom Bali II, Dr Azahari tewas tertembak. Idham juga ikut dalam operasi anti-teror Bareskrim Poso pada tahun 2005-2007 yang dipimpin oleh Jenderal (Purn) Tito Karnavian, senior yang digantikannya sebagai Kapolri.

"Pak Idham dikenal mumpuni dalam mengatasi kasus terorisme tahun 2005 lalu pada saat jabatannya sebagai Kanit Pemeriksaan Subden Investigasi Densus 88 anti teror, dari prestasinya tersebut Idham diangkat sebagai Wakadensus 88 anti teror pada tahun 2010, dan jabatan terakhirnya adalah Kabareskrim," sebut Ibas.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com