Pernah Ada Penyusupan Anggaran, Djarot Bicara Pentingnya e-Budgeting DKI

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 16:19 WIB
Djarot Saiful Hidayat (Indra Komara/detikcom)
Djarot Saiful Hidayat (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, menyoroti pentingnya e-budgeting dan transparansi dalam anggaran daerah. Menurutnya, dengan sistem yang terbuka, masyarakat bisa ikut mencermati anggaran.

"Ini sebetulnya pentingnya electronic budgeting, pentingnya transparansi. Dengan terbuka seperti ini maka bukan hanya anggota Dewan yang bisa melihat, menyisir anggaran, mencermati anggaran, tapi juga masyarakat bisa melihat," ujar Djarot di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (31/10/2019).


Terkait munculnya banyak anggaran aneh-aneh dalam APBD DKI, menurut Djarot, hal itu bukan semata kesalahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Djarot menilai ada faktor kesengajaan dalam kesalahan input anggaran tersebut.

"Ini bukan kesalahan semata-mata dari Pak Anies tentunya ya, tapi kita bisa lacak siapa yang menginput, siapa yang mengetuk anggaran itu, dan itu sengaja atau tidak sengaja. Kalau tidak disengaja, itu bodoh banget," kata anggota DPR Fraksi PDIP ini.

"Tentunya ada faktor kesengajaan. Kalau saya ya diundang saja, dipanggil, kalau memang terbukti ya sudah, selesaikan, ya nonjob," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2