Round-Up

Serangan Fahri ke KPK dari Akun YouTube Deddy

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 31 Okt 2019 07:58 WIB
Mantan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)


Atas berbagai serangan Fahri itu KPK memberikan klarifikasi. KPK menyebut beberapa poin yang disampaikan Fahri dalam video itu tidak benar.

"Kami melihat sejumlah informasi yang disampaikan keliru bahkan dapat termasuk informasi yang mengandung kebohongan, maka sebagai bagian dari tanggung jawab KPK untuk menyampaikan informasi yang benar pada masyarakat, kami perlu menyampaikan beberapa klarifikasi," demikian tertulis dalam siaran pers resmi dari KPK, Rabu (30/10/2019).

Setidaknya ada 6 poin klarifikasi yang disampaikan KPK dalam siaran pers yang dapat dicek langsung pada pranala ini. Selain itu detikcom pun sudah merangkum penjelasan KPK itu dalam tautan berita di bawah ini:




"Kami yakin dengan penjelasan lengkap seperti ini, masyarakat bisa memahami mana informasi yang benar dan tidak mudah diperdaya dengan informasi bohong dan tidak akurat. KPK mengajak masyarakat untuk tidak meneruskan informasi palsu agar keterbukaan informasi tidak dikotori hoax. Hal ini juga dapat membantu menjaga pemberantasan korupsi dari penyesatan informasi baik yang disengaja atau tidak," tulis KPK.

"Karena KPK juga diisi manusia dan tidak luput dari salah atau khilaf serta harus terus diawasi, maka jika masyarakat menemukan dugaan pelanggaran terkait tugas dan kewenangan KPK, silakan melaporkan ke aparat hukum terdekat dan Pengaduan Masyarakat KPK melalui Call Center 198," imbuhnya.
Halaman

(dhn/dnu)