Cerita Yenny Wahid Terbang di Langit Jakarta: Udara Butek-Hutan Beton

Cerita Yenny Wahid Terbang di Langit Jakarta: Udara Butek-Hutan Beton

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 17:22 WIB
Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid) (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid) (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta - Zannuba Ariffah Chafsoh (Yenny Wahid) menceritakan pengalaman terbang di langit Jakarta menggunakan helikopter. Momen ini terjadi setelah dirinya mendampingi Menko Polhukam Mahfud Md dari sebuah acara di Bandung.

"Saya mohon maaf baru bisa datang agak terlambat. Di Bandung ada acara. Dalam perjalanan ada yang menarik yang saya lihat di Bandung. Kebetulan tadi saya mendampingin Prof Mahfud Md, Menko Polhukam baru baru kita. Kami terbang memakai helikopter. Enak ya kalau menteri pake helikopter tentara," kata Yenny, Rabu (30/10/2019).

Hal itu diucapkan putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam acara 'Love Human Love Nature' di Hotel Double Tree by Hilton Jakarta, Jl Pegangsaan Timur No. 17, RT 10/RW 01, Cikini, Jakarta. Yenny mengatakan setelah itu dia melintasi wilayah Jakarta.
Dia mengaku sedih melihat warna udara Jakarta yang tidak cerah. Selain itu, ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta juga sangat kurang.
"Dari atas saya langsung melihat pemandangan antara Bandung dan Jakarta. Pamandangannya bikin sesak nafas karena sangat butek. Buteknya bukan karena kabut tapi karena polusi. Jelek sekali. Menuju ke Jakarta ke bandara. Saya melihat Jakarta ini luar biasa ini adalah hutan, tapi hutan beton. Pohonnya sangat sedikit. Sedih sekali saya melihat pemandangan itu," ujarnya.

"Ratusan rumah hanya satu dua pohon yang ada. Dari atas gersang. Kalau kotanya saja sudah panas apalagi masyarakatnya. Efek sampingnya salah satu. Kadang kita perlu perspektif yang berbeda dari atas melihat masalah. Permasalahan kita soal di lingkungan hidup luar biasa gentingnya," sambungnya.