Gibran ke Solo-1, Komitmen Tingkat Tinggi Mega-Jokowi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rabu, 30 Okt 2019 14:50 WIB
Ilustrasi (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Rekomendasi pencalonan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, sebagai Wali Kota Solo disebut akan menjadi keputusan politik tingkat tinggi. Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri disebut akan menjadi tokoh kunci dalam komitmen tersebut.

"Jadi Pak Jokowi dan Ibu Mega ini akan menjadi tokoh kunci dalam komitmen ini. Ini nggak main-main, ini pemilihan Wali Kota Solo. Tingkat tinggi levelnya, jauh lebih tinggi dari level wali kotanya," kata pengamat politik Hendri Satrio kepada wartawan, Rabu (30/10/2019).

"Mungkin kalau daerah lain PDIP akan mudah mengeluarkan rekomendasi, tapi yang ini komitmen tingkat tinggi ini, politik tingkat tinggi," imbuhnya.



Terkait wacana Gibran akan dipasangkan dengan cucu Bung Karno, Paundrakarna, menurut Hendri, sosok wakil Gibran tidak terlalu menentukan. Ia juga menyinggung rekam jejak Paundra, yang pernah digantikan pengganti antar-waktu (PAW) saat menjadi anggota DPRD.

"Gibran saja sudah jaminan sih untuk menang di Solo. Jadi kalau wakil wali kotanya, menurut saya, tidak terlalu menentukan gitu. Tapi kan catatannya si cucunya Bung Karno ini kan sempat dikeluarkan kan atau sempat di-PAW karena tidak aktif di DPRD. Jadi memang sebaiknya dipikirkan lagi gitu, jangan cuma bawa embel-embel Bung Karno. Bung Karno juga orang hebat," ujarnya.


Hendri menilai Gibran perlu memperhitungkan jika ingin berpasangan dengan Paundra sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo. Menurutnya, posisi Gibran sebagai calon wali kotalah yang menentukan.

"Kalau memang kemudian mau memberikan kesempatan kepada cucunya (Bung Karno) sih boleh-boleh saja. Tapi harus dihitung betul ya, Gibran. Karena posisinya ini dialah yang menentukan, wali kota yang menentukan," pungkasnya.



Simak Video "Kata Gibran Disandingkan dengan Cucu Bung Karno di Pilkada"

[Gambas:Video 20detik]

(azr/fdu)