detikNews
2019/10/30 14:39:18 WIB

Sidang Kasus Suap Romahurmuziy

Saksi Cerita Perintah Eks Menag Lukman Loloskan Haris Jadi Kakanwil

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Saksi Cerita Perintah Eks Menag Lukman Loloskan Haris Jadi Kakanwil Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Ahmadi mengaku pernah diminta langsung oleh mantan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin untuk meloloskan Haris Hasanudin dalam jabatan tertentu meski yang bersangkutan gagal pada persyaratan administrasi. Saat itu Ahmadi merupakan ketua panitia pelaksana untuk seleksi jabatan di lingkungan internal Kementerian Agama (Kemenag).

Seleksi yang dimaksud adalah jabatan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur. Saat itu Haris tidak lolos karena pernah mendapatkan sanksi hukuman disiplin. Namun Lukman tetap memerintahkan Ahmadi agar Haris diloloskan.
"Betul (Haris Hasanudin) tidak lolos (administrasi)," kata Ahmadi saat bersaksi dalam persidangan dengan terdakwa Romahurmuziy alias Rommy di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (30/10/2019).

Saat itu Ahmadi, yang menjabat Kepala Biro Kepegawaian Kemenag, ditugaskan dalam panitia pelaksana seleksi itu. Ahmadi memerintahkan anak buahnya menyeleksi 86 berkas administrasi yang diterima, termasuk milik Haris. Hasilnya hanya sekitar 24 orang yang lolos seleksi berkas, tanpa nama Haris.

"Kami menilai secara administrasi dulu, nanti kami bikin list sampai terakhir nota dinas," kata Ahmadi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com