detikNews
Rabu 30 Oktober 2019, 10:00 WIB

Satgas Karhutla Riau Akan Berakhir Oktober

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Satgas Karhutla Riau Akan Berakhir Oktober Ilustrasi Satgas Karhutla (Foto: Dok. Istimewa)
Pekanbaru - Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau akan segera berakhir pada 31 Oktober. Ini sehubungan Riau sudah memasuki musim hujan.

"Pemprov Riau akan mengakhiri masa tugas Satgas Karhutla pada 31 Oktober (2019). Nanti malam secara simbolis akan dilakukan penutupan bersama jajaran lainnya dipimpin Gubernur Riau," kata Wadan Satgas Karhutla, Edwar Sanger kepada detikcom, Rabu (30/10/2019).

Menurut Edwar, berakhirnya masa tugas Satgas Karhutla ini sehubungan kondisi cuaca di Riau sudah memasuki musim penghujan. Sehingga kebakaran yang ada selama ini bisa padam seluruhnya.

"Kemarin saya meninjau seluruh kawasan Riau dengan heli. Sudah tidak ada lagi lokasi kebakaran," kata Edwar.


Masih menurut Edwar, hingga saat ini sejumlah pasukan TNI/Polri tetap masih siaga sampai batas akhir tugas. Nantinya, pihak Satgas akan melepas pasukan TNI dan Polri ke markasnya masing-masing.

"Setelah berakhirnya masa tugas Karhutla ini, pasukan TNI akan kembali ke markasnya," kata Edwar.


Pihak Satgas Karhutla di Riau, kata Edwar, mengucapkan terima kasih kepada BNPB, Panglima TNI, Kapolri yang sudah membantu dalam pencegahan dan penindakan hukum terkait Karhutla.

"Terima kasih ke seluruh jajaran BPBD di Riau, TNI/Polri, masyarakat dan perusahaan yang sudah berkontribusi dalam penanggulangan Karhutla dan bencana asap. Kita harapkan, tahun depan jangan ada lagi kebakaran lahan," kata Edwar.






Jadi Menteri LHK Lagi, Ini Jurus Siti Nurbaya Atasi Karhutla:

[Gambas:Video 20detik]


(cha/fdu)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com