detikNews
2019/10/29 17:39:46 WIB

Anies Ajukan Rp 73 M, Bisakah DKI Bisa Seperti 'Kota Pesepeda' Kopenhagen?

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 4
Anies Ajukan Rp 73 M, Bisakah DKI Bisa Seperti Kota Pesepeda Kopenhagen? Foto: Ilustrasi sepeda di Kopenhagen, Denmark (CNN)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mengusulkan anggaran pembangunan jalur sepeda sebesar Rp 73 miliar. Rencana ini menuai kritik, lantaran pengajuan anggarannya naik tiba-tiba. Muncul harapan agar Jakarta bisa seperti kota pesepeda di dunia. Mungkinkah Jakarta bisa seperti Kopenhagen, Denmark yang disebut bangsa pesepeda?

Dikutip dari laman resmi Sekretariat untuk Kedutaan Bersepeda Denmark, Selasa (29/10/2019), kegiatan gowes-menggowes memang sudah lama menjadi budaya masyarakat Kopenhagen, atau warga Denmark pada umumnya sejak era 1890-an.

Sepeda juga dikenal sebagai simbol kesetaraan di Denmark. Negara ini memiliki panjang jalur sepeda lebih dari 12.000 km.


Mengutip situs Lonely Planet, pada tahun 2017 Kopenhagen ditetapkan sebagai kota nomor satu soal keramahannya kepada para pengguna sepeda. Bahkan, Kopenhagen sampai dijuluki surganya para pesepeda.

Tahun 2017, pemerintah kota Kopenhagen menginvestasikan lebih dari € 134 juta atau setara dengan Rp 2,07 miliar (pada kurs saat ini) dalam infrastruktur dan fasilitas bersepeda. Serta 16 jembatan baru untuk sepeda dan pejalan kaki yang sudah selesai atau sedang dibangun sekarang.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com