detikNews
2019/10/29 15:25:37 WIB

Hasil Pantauan Pemilu Komnas HAM: Tak Ada Kasus SARA yang Dilakukan Timses

Yulida Medistiara - detikNews
Halaman 1 dari 3
Hasil Pantauan Pemilu Komnas HAM: Tak Ada Kasus SARA yang Dilakukan Timses Komnas HAM memaparkan hasil kajian tentang Pemilu 2019. (Yulida/detikcom)
Jakarta - Komnas HAM RI menyampaikan hasil penilaian awal pelaksanaan Pilpres dan Pileg pada 17 April lalu. Komnas HAM menilai pelaksanaan pemilu berjalan lancar dan tidak ditemukan indikasi tindakan diskriminasi yang berkaitan dengan unsur SARA yang dilakukan masing-masing timses.

"Dalam proses perencanaan maupun tahapan pelaksanaan Pileg dan Pilpres, Komnas HAM memberikan catatan terkait tindakan diskriminasi. Komnas HAM tidak menemukan langsung adanya indikasi tindakan diskriminasi yang bernuansa SARA oleh masing-masing tim kampanye," kata Ketua Tim Pemantau Pemilu Komnas HAM Hairansyah, Selasa (29/10/2019).



Dia mengatakan awalnya sempat ada kekhawatiran munculnya gesekan yang dipicu isu SARA di masyarakat, tetapi tidak terjadi. Hal tersebut berbeda dengan pelaksanaan Pilkada pada 2018. Meski di medsos banyak hoax bertebaran, hal itu dilakukan oknum masyarakat.

"Di medsos terutama marak hoax dan ujaran kebencian menjelang pemungutan suara 17 April maupun setelahnya, pihak yang melakukan tindakan tersebut terutama oknum pegiat sosial dan masyarakat umum," kata Hairansyah.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com