Jadi Kontroversi di Jakarta, Rencana Jalur Sepeda Ditolak di London

Danu Damarjati - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 14:30 WIB
Jalur Sepeda (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mengusulkan pembangunan jalur sepeda senilai Rp 73 miliar. Rencana ini dikritik DPRD DKI karena pengajuan anggarannya naik tiba-tiba. Masalah perencanaan jalur sepeda tak hanya terjadi di Jakarta, tapi juga di London, Inggris.

Di London, pernah ada rencana pembangunan jalur sepeda senilai £42 juta (Rp 757 miliar lebih dalam kurs sekarang) yang dijalankan oleh pemerintahan Wali Kota Sadiq Khan. Media massa Inggris, Express, menyebut ini sebagai rencana jalur sepeda paling dibenci orang.



Sebenarnya, rencana pembangunan jalur sepeda ini sudah diawali oleh pendahulu Sadiq Khan, yakni Boris Johnson yang terobsesi dengan sepeda. Pemerintah London ingin membuat kotanya mirip Belanda yang punya jalur sepeda memadai.

Dilansir Evening Standard, jalur sepeda £42 juta ini direncanakan berwujud dua arah antara Wood Lane dan Notting Hill Gate, melewati Holland Park Avenue. Panjangnya 4,7 mil atau 7,6 km.



Pada 6 Juni 2019 di Gedung Pertunjukan Bush, Transport for London (Dinas Perhubungan London) menyelenggarakan pertemuan publik membahas hal ini. Ada yang setuju tapi banyak yang marah dengan rencana ini.

Jadi Kontroversi di Jakarta, Rencana Jalur Sepeda Ditolak di LondonWali Kota London Sadiq Khan (Internet)