Bolak-balik Nico Siahaan Diperiksa KPK Gegara Aliran Uang ke Acara PDIP

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 11:47 WIB
Dokumentasi Gedung Merah Putih KPK (Foto: dok detikcom)
Dokumentasi Gedung Merah Putih KPK (Foto: dok detikcom)
Jakarta - Nico Siahaan kembali dipanggil penyidik KPK. Pemeriksaan terhadap Nico sebagai anggota DPR dari Fraksi PDIP itu berkaitan dengan aliran uang suap ke acara PDIP pada 2018.

Uang suap yang dimaksud berasal dari Sunjaya Purwadisastra, yang merupakan mantan Bupati Cirebon. Sunjaya juga merupakan kader PDIP. Seperti apa latar belakang aliran uang itu?

Bolak-balik Nico Siahaan Diperiksa KPK Gegara Aliran Uang ke Acara PDIPNico Siahaan (Dikhy Sasra/detikcom)




Sunjaya awalnya dijerat KPK karena menerima suap terkait jual-beli jabatan saat aktif sebagai bupati. Dalam perjalanannya, KPK juga menemukan adanya pencucian uang yang dilakukan Sunjaya.

"Total penerimaan tersangka SUN (Sunjaya) dalam perkara ini sebesar sekitar Rp 51 miliar," ucap Wakil Ketua KPK Laode M Syarif pada Jumat (4/10/2019).

KPK menduga Sunjaya mencuci uangnya dengan membeli berbagai aset serta mengalirkannya ke berbagai kegiatan. Salah satu kegiatan yang diidentifikasi KPK dialiri duit dari Sunjaya adalah acara Kongres Sumpah Pemuda yang diselenggarakan PDIP pada 2018 di JIExpo Jakarta.

Lantas, apa hubungannya dengan Nico?

Pada Sabtu, 1 Desember 2018, Nico pernah memberikan penjelasan tentang persoalan itu. Nico merupakan ketua pelaksana kegiatan tersebut. Dia mengajak para kader PDIP gotong royong membantu pendanaan.
"Anggarannya sudah ditetapkan. Nah seperti biasa namanya acara partai, kader (PDIP) tahu dan berinisiatif memberikan sumbangan. Dari siapa-siapanya saya nggak tahu karena koordinatornya banyak," ucap Nico.

Suatu ketika Sunjaya datang ingin menyumbang sebesar Rp 250 juta. Namun Nico mengatakan Sunjaya tidak menyampaikan langsung kepadanya, melainkan kepada kader PDIP lainnya bernama Evi.

Tak berapa lama, Sunjaya tertangkap KPK. Nico, yang khawatir uang sumbangan Sunjaya ke acara itu menjadi masalah, memutuskan mengembalikannya ke KPK.

Bolak-balik Nico Siahaan Diperiksa KPK Gegara Aliran Uang ke Acara PDIPMantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra (Ari Saputra/detikcom)




"Uangnya masuk, tapi karena tahu dia (Sunjaya) diambil (KPK), uangnya tidak dipakai. Akhirnya uang itu saya serahkan ke KPK saat saya memenuhi panggilan KPK," ucap Nico.

Di sisi lain, KPK membutuhkan konfirmasi Nico untuk kasus pencucian uang yang menjerat Sunjaya tersebut. KPK menilai keterangan Nico berkaitan karena berperan dalam acara PDIP itu.

"Satu orang anggota DPR RI itu sudah kami periksa dalam penyidikan kasus yang pengembangan yang baru ini, Saudara Nico Siahaan (kader PDIP) sudah kami periksa karena yang bersangkutan kan punya peran dalam acara tersebut," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah pada Selasa (8/10).




Tonton juga video Mahfud Md soal Perppu KPK: Belum Ada Arahan:

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/van)