Kalah Lawan Jokowi, Ini Tangkisan-tangkisan Prof Ilham Oetama Marsis

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 29 Okt 2019 11:15 WIB
Ilham Oetama Marsis (ari/detikcom)

Menurut PTUN Jakarta, tindakan Jokowi memberhentikan Prof Ilham Oetama Marsis telah sewenang-wenang. Karena menurut UU Praktik Kedokteran, anggota KKI berhenti atau diberhentikan sebagaimana dalam kasus Prof Ilham Oetama Marsis.

"Maka tidak satu pun alasan pemberhentian Prof Ilham Oetama Marsis masuk kriteria atau klasifikasi pemberhentian sebagimana diatur Pasal 19 UU Praktik Kedokteran, jo Pasal 15 ayat 1 Perpres Nomor 35 Tahun 2008," ujar majelis PTUN Jakarta dengan bulat.


Namun Jokowi tidak terima dan mengajukan banding. Pada 9 Mei 2019, Pengadilan Tinggu TUN (PT TUN) Jakarta membalik keadaan. Majelis yang diketuai Sugiya dengan anggota Nurnaeni Manurung dan Ketut Rasmen Suta menolak gugatan Prof Ilham Oetama Marsis dan memenangkan Jokowi.

Giliran Prof Ilham Oetama Marsis yang tidak terima dan mengajukan kasasi. Tapi MA menolak gugatan itu. Perkara Nomor 481 K/TUN/2019 itu diketok oleh ketua majelis Yulius dengan anggota Hary Djatmiko dan Yosran. Putusan itu diucapkan dalam sidang tertutup pada 14 Oktober 2019.
Halaman

(asp/aan)