detikNews
Selasa 29 Oktober 2019, 11:04 WIB

Amien Rais Restui Prabowo Jadi Menhan, NasDem: Memang Harus!

Mochamad Zhacky - detikNews
Amien Rais Restui Prabowo Jadi Menhan, NasDem: Memang Harus! Foto: Irma Suryani Chaniago (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Partai NasDem menilai Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais memang harus mendukung Prabowo Subianto menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan). NasDem meminta semua pihak berbaik sangka atas keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Prabowo sebagai Menhan.

"Ya memang harus didukung. Kalau Pak Presiden sudah memberikan kepercayaan, ya sebaiknya memang harus didukung. Kita kan harus husnuzan, berbaik sangka," kata Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago kepada wartawan, Selasa (29/10/2019).


NasDem juga tidak mempersoalkan apabila nantinya Amien tetap mengkritik pemerintahan Jokowi. Namun, Irma menekankan kritik yang disampaikan harus solutif dan tidak menjatuhkan.

"Hanya saja memang yang kita inginkan itu adalah check and balance atau kritik yang solutif, konstruktif dan elegan. Jadi konstruktif, solutif dan elegan, jangan menjatuhkan, beri solusi. Yang kritik membangunlah," terang Irma.

NasDem sendiri berharap kepemimpinan Prabowo di Kemenhan berdampak positif terhadap keamanan negara. Partai yang dipimpin Surya Paloh itu ingin Prabowo memberantas radikalisme dan memperkuat keamanan di pulau-pulau terluar RI.

"Mudah-mudahan dengan adanya Pak Prabowo di Menhan, ya kan, keutuhan NKRI, kemudian pemberantasan radikalisme untuk menjaga keutuhan NKRI ini bisa kembali baik seperti semula," jelasnya.


"Kemudian keamanan pertahanan kita ke depan jadi lebih baik, karena kita juga butuh TNI yang kuat untuk mempertahankan bangsa dan negara kita. Apalagi, di daerah-daerah terluar kita kan masih banyak tuh yang masih longgar, masih belum tertata dengan baik," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Amien Rais telah memberikan restu penuh kepada Prabowo sebagai Menhan. Ia bahkan minta semua pihak memberi kesempatan kepasa kabinet Jokowi untuk bekerja dan tak langsung mengkritik.

"Jadi Pak Prabowo harus diberikan fair chance, bahkan kabinet ini pun itu menurut saya jangan dikritik dulu ya. Jadi berikanlah ya tiga bulan sampai satu semester," sebut Amien kepada wartawan di Masjid Jami' Karangkajen, Yogyakarta, Minggu (27/10) malam.




Di Balik Masuknya Prabowo ke Kabinet Jokowi-Amin:

[Gambas:Video 20detik]




(zak/tsa)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com