detikNews
Senin 28 Oktober 2019, 17:46 WIB

15 Quotes Sumpah Pemuda, Cocok untuk Status di Media Sosial

Rizky Wika Shintya Devi - detikNews
15 Quotes Sumpah Pemuda, Cocok untuk Status di Media Sosial Quotes Sumpah Pemuda. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Hari ini, sembilan puluh satu tahun yang lalu Sumpah Pemuda dikumandangkan. Apakah kamu sudah mempersiapkan quotes Hari Sumpah Pemuda?

Pada tanggal 28 Oktober merupakan tonggak sejarah awal para pemuda yang bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sumpah pemuda disimbolkan sebagai wujud semangat membangkitkan cinta Tanah Air dan simbol persatuan peran para pemuda Indonesia.


Berikut ini quotes sumpah pemuda 2019 yang bisa kamu bagikan kepada kerabat dan teman untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang cocok melalui media sosial.


Quotes Sumpah Pemuda singkat dari Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno :

1. Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia.


2. Ikrarkanlah ikrar sumpah pemuda dengan hati dan anggota badan yang akan menjadi bukti dan raihlah kemerdekaan Indonesia yang sejati.


3. Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.


4. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.


5. Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.


Kamu juga bisa mengutip quotes tentang sumpah pemuda dari tokoh-tokoh Indonesia lainnya.

6. Pemuda masa silam menggelorakan kehendak bersatu, hari ini rayakanlah Indonesia tanpa ragu - Najwa Shihab, Jurnalis.


7. Kalian pemuda, kalau kalian tidak punya keberanian, sama saja dengan ternak karena fungsi hidupnya hanya beternak diri - Pramoedya Ananta Toer, Penulis dan Sastrawan Indonesia.


8. Makin redup idealisme dan heroisme pemuda, makin banyak korupsi - Soe Hok Gie, Aktivis.


9. Negeri ini butuh banyak pemuda pencari solusi, bukan pemuda pemaki-maki - Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.


10. Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali - Tan Malaka, Pahlawan Nasional.


Tak hanya itu, kamu juga bisa membagikan quotes sumpah pemuda dalam bahasa Inggris loh.


11. The youth need to be enabled to become job generators from job seekers - A. P. J. Abdul Kalam

(Kaum muda perlu diaktifkan untuk menjadi pencipta pekerjaan daripada pencari kerja.)


12. Good habits formed at youth make all the difference - Aristotle

(Kebiasaan baik yang terbentuk di masa muda menciptakan semua perbedaan.)


13. We cannot always build the future for our youth, but we can build our youth for the future - Franklin D. Roosevelt

(Kita tidak bisa selalu membangun masa depan untuk generasi muda kita, tapi kita bisa membangun generasi muda kita untuk masa depan.)


14. We have a powerful potential in our youth, and we must have the courage to change old ideas and practices so that we may direct their power toward good ends - Mary Mcleod Bethune

(Kita memiliki potensi yang kuat di masa muda kita, dan kita harus memiliki keberanian untuk mengubah gagasan dan praktik lama sehingga kita dapat mengarahkan kekuatannya menuju akhir yang baik.)


15. Use your youth so that you may have comfort to remember it when it has forsaken you, and not sigh and grieve at the account thereof - Sir Walter Raleigh

(Gunakan masa mudamu sehingga kamu mungkin merasa nyaman untuk mengingatnya ketika itu telah meninggalkanmu, dan tidak mendesah dan berduka karenanya.)




(lus/erd)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com