detikNews
Minggu 27 Oktober 2019, 06:06 WIB

Kenalkan Budaya Kuliner Negara Asia, KBRI Lisabon Gelar Festival

Dwi Andayani - detikNews
Kenalkan Budaya Kuliner Negara Asia, KBRI Lisabon Gelar Festival Foto: dok. KBRI Lisabon
Jakarta - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Lisabon, Portugal, melaksanakan kegiatan Festival Gastronomi Asia. Kegiatan ini untuk memperkenalkan masyarakat Portugal terhadap interaksi saling pengaruh budaya kuliner di negara-negara Asia.

Festival ini diselenggarakan bersama antara KBRI, Bangladesh, Filipina, Korea, India, dan Thailand. Festival dilakukan di area kantor KBRI Lisabon, dengan menyajikan masakan Indonesia seperti rendang, sate ayam, bakmi goreng, nasi bakar, martabak telur, lumpia, kue lapis, onde-onde serta minuman tradisional Indoensia, seperti Wedang secang.



Dalam festival, pengunjung yang hadir diberikan kesempatan untuk melihat dan berdiskusi secara langsung terkait proses pembuatan makanan. Para pengunjung juga disebutkan kaget dan baru mengetahui bahwa bumbu yang diperlukan untuk masakan tersebut tersedia di toko-toko Asia di Lisabon.

"Ratusan abad silam penjelajah Portugis berlayar ke Asia, untuk menemukan jalur perdagangan rempah-rempah. Rempah tersebut menjadi kekuatan bumbu masakan yang kami santap tadi dan kami beruntung dapat menemukannya di Portugal," ujar Divisi Promosi Asia di Museu Santa Casa Misericórdia Ricardo da Costa,yang turut hadir bersama keluarganya, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Minggu (27/10/2019).

Selama festival, pengunjung dapat mengenal kesamaan karakteristik kuliner dari tiap negara di Asia. Kesamaan karakter ini disebut merupakan hasil interaksi antarbangsa Asia sejak ratusan tahun lalu.



"Ternyata kuliner di Asia terdapat kemiripan pada rasa dan tampilan, kekayaan bumbu dan rempah sangat mengagumkan," ujar mahasiswa Universitas Lisabon Alexandra Xavier.

Selain makanan Indonesia, masyarakat juga bisa menikmati makanan dari negara Asia lainnya seperti dak-galbi dan bulgogi dari Korea, adobang manok dan pancit dari Filipina, thai chicken curry dan mango sticky rice dari Thailand, briyani dari Bangladesh dan samosa makanan dari India.

Tercatat sebanyak lima ratus pengunjung thadir dalam festival kuliner tersebut. Selain kuliner pengunjung juga di diberikan hiburan dengan diputarkannya lagu dari masing-masing negara.


(dwia/gbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com