Gelar Simulasi Pengamanan Unjuk Rasa, Polri Ingatkan Proteksi Diri

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 26 Okt 2019 10:20 WIB
Karo Multimedia Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Budi Setiawan. (Rolando/detikcom)
Karo Multimedia Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Budi Setiawan. (Rolando/detikcom)


Budi berharap pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan wartawan dalam meliput demo rusuh. Hal itu agar tugas wartawan sesuai dengan standard operating procedure (SOP).

"Pelatihan kali ini diharapkan menambah kemampuan awak media, di antaranya termasuk awak media memahami pola keamanan dalam penugasan kerusuhan yang dilaksanakan personel Polri. Awak media dapat melaksanakan tugas pada saat unjuk rasa dengan baik sesuai dengan SOP yang ada," imbuhnya.



Sebelumnya, Polri meminta maaf atas tindak kekerasan anggotanya terhadap jurnalis yang meliput demo RUU kontroversial di sejumlah daerah di Tanah Air pada 24-25 September. Polri berencana membekali jurnalis yang meliput aksi demonstrasi dengan seragam rompi sehingga saat kondisi rusuh, anggota di lapangan dapat mengenali wartawan.

"Ke depan, saya sudah menyampaikan berulang kali ke pemred, Dewan Pers, agar ketika teman media meliput kerusuhan atau diprediksi akan terjadi kerusuhan, semuanya dibekali rompi yang ada tulisan 'Pers'. Dan teman media yang meliput harus cermat di mana tempat yang aman saat terjadi kerusuhan. Aman dari massa dan aparat," ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/9).

Halaman

(idn/idn)