Polisi Tangkap Hacker asal Jogja yang Retas Server Perusahaan AS

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Jumat, 25 Okt 2019 16:38 WIB
Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom


Ricky menyebut dengan melakukan peretasan, tersangka dapat menyedot data-data korban. Selain itu tersangka melakukan pemerasan dengan mengancam akan menghapus data-data dalam server korbannya jika korban tak memberinya mata uag virtual yaitu bitcoin.

"Dalam monitor layar komputer korban muncul tampilan yang berisi pesan berupa apabila korban tidak memperdulikan pesan tersebut data-data korban akan terhapus dalam waktu 3 hari. Dan korban diminta menghubungi email drinstrumentspayment@gmail.com (email pelaku). Setelah terjadi percakapan korban dengan pelaku akhirnya korban mengirim sejumlah Bitcoin ke akun wallet 17evyZL6ZvtV9uqvy79nZNbFEswuS87LBB (milik pelaku)," sambungnya.


BBA sudah melancarkan aksinya sejak 2014 lalu. Dia menyebut tersangka mempelajari modus ini secara autodidak lewat situs di internet.

"Hasil pemeriksaan sementara yang sudah kita lakukan pelaku ini sudah melakukan kegiatan itu sejak tahun 2014. Yang bersangkutan ini belajar mandiri, membuka situ-situs yang ada di internet, mungkin belajar dari buku-buku, terus juga dia punya kemampuan untuk pengoperasionalkan komputer dan internet," ucap Rickynaldo.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3