Jadi Wamenag, Zainut Tauhid Tetap Jabat Waketum MUI

Andhika Prasetia - detikNews
Jumat, 25 Okt 2019 16:09 WIB
Foto: Zainut Tauhid (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Zainut Tauhid Sa'adi menjadi Wakil Menteri Agama (Wamenag). Meski sudah menjadi Wamenag, Zainut mengatakan tidak melepas jabatannya sebagai Wakil Ketua Umum MUI.

"Tidak ada aturan untuk mundur. Nanti dibicarakanlah, baru sehari," kata Zainut di Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2019).


Zainut mengaku baru diberi tahu mengenai posisi Wamenag pada Kamis (24/10) malam. Dia akan berbagi tugas dengan Menag, dan fokus pada pendidikan agama.

"Di wakil menteri agama, beliau (Jokowi) lebih menekankan bagaimana meningkatkan program pendidikan. Khususnya di jalur madrasah, pesantren, dan lembaga pendidikan keagaman lainnya. Ini sangat penting dalam rangka untuk meningkatkan sumber daya manusia. Jadi keluaran dari madrasah, pesantren, juga memiliki tingkat kompetisi dengan keluaran dari sekolah umum lainnya," jelas Zainut.

Zainut juga akan mengawal sertifikasi halal yang sudah dialihkan dari MUI ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) yang ada di bawah Kemenag. Dia menyoroti sumber daya manusia (SDM) dan fasilitas di BPJPH yang masih mengalami proses transisi.

"Kalau yang kami inginkan adalah agar tidak terjadi kevakuman pelayanan sehingga dunia usaha terlayani. Jangan sampai tidak ada melayani karena MUI sudah tidak boleh, sementara BPJPH belum siap," ucapnya.


Zainut berharap dengan dirinya berada di Kemenag bisa membantu masa transisi sertifikasi produk halal. Dia akan mencari solusi terbaik terkait sertifikasi produk halal di BPJPH.

"Mudah-mudahan akan lebih baik kita akan cari solusi yang lebih maslahat bagaimana program ini bisa berjalan sesuai dengan amanat undang-undang," paparnya.





Politisi PPP Zainut Tauhid Jadi Wakil Menteri Agama:

[Gambas:Video 20detik]



(fdu/imk)