Sertijab, Mahfud Md: Sudah Dua Kali Saya Gantikan Pak Wiranto

Sertijab, Mahfud Md: Sudah Dua Kali Saya Gantikan Pak Wiranto

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Rabu, 23 Okt 2019 15:55 WIB
Foto: Sertijab di Kemenko Polhukam (Rahel/detikcom)
Foto: Sertijab di Kemenko Polhukam (Rahel/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md selesai melaksanakan serah terima jabatan dengan pejabat sebelumnya, Wiranto. Mahfud merasa terharu karena Wiranto sudah mempersiapkan acara sertijab dengan baik.

"Saya sungguh terharu karena sebenarnya saya berpikir kalau perlu nanti serah terimanya di rumah sakit gitu. Ternyata Pak Wiranto sudah di sini, Saya sungguh terharu dan terima kasih Bapak," kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (23/10/2019).

Mahfud mengatakan, dirinya sebenarnya berpikir sesudah pelantikan di Istana dia akan ke Kemenko Polhukam untuk mengatur teknis serah terima jabatan. Dia mau melakukan itu karena tahu Wiranto masih menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, karena insiden penusukan di Pandeglang, Banten, beberapa waktu lalu.


Namun ternyata, lanjut Mahfud Md, dia tidak menyangka bahwa Wiranto sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Beberapa hari jelang pelantikan Wiranto memang beberapa kali datang ke kantor Kemenko Polhukam untuk mengatur persiapan agenda sertijab dan lainnya.

Mahfud mengatakan, dirinya mengenal baik sosok Wiranto. Dia menyebut ada banyak cerita menarik soal sosok Wiranto baik dari dirinya, maupun orang-orang di sekitar Wiranto.

"Saya sudah dua kali mengganti posisinya Pak Wiranto, dulu saya jadi Menhan. Selalu ada kesan yang sangat baik dari tempat kerja dari orang-orang di mana Pak Wiranto meninggalkan tempat kerja. Dulu saya di Menhan ceritanya orang-orang di sana sangat terkesan kepada Pak Wiranto, sangat mengayomi, sangat dekat. Bahkan yang sering, selalu saya ceritakan, di Kemenhan itu ada sebuah masjid besar. itu yang bangun Pak Wiranto, namanya Masjid At-Taqwa," kisah Mahfud.

Sertijab, Mahfud Md: Sudah Dua Kali Saya Gantikan Pak WirantoFoto: Sertijab di Kemenko Polhukam (Rahel/detikcom)

"Ketika pertama saya ke sana saya tanya 'saya mau salat Jumat di mana? Apa harus ke Istiqlal?', 'tidak Pak, di sana ada masjid. Pak Wiranto dulu yang buat'. Masjidnya besar, bagus gitu. Pikirannya agar orang beribadah tuh nggak usah susah-susah. disediain tempat gitu. Nah waktu itu begitu yang saya alami," sambungnya.

Mahfud mengatakan, dirinya rasanya akan bisa segera menyesuaikan diri dengan lingkungan Kemenhan. Dia siap mengemban berbagai tugas yang diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) khususnya dalam menanggulangi radikalisasi, penegakan hukum dan HAM, terorisme dan berbagai persoalan lainnya yang mengemuka.


Sebelum Mahfud, di tempat yang sama, Wiranto sudah lebih dulu memberi sambutan. Dia mengatakan bersyukur karena akhirnya proses sertijab dengan Mahfud Md bisa berlangsung lancar.

"Alhamdulillah semuanya hari ini terjawab khususnya mengenai teka teki siapa yang menjadi Menteri Polhukam. Sekarang jawabannya ada di samping kanan saya. Beliau namanya Prof Dr Mahfud Md. Md-nya saya nggak tahu singkatan apa. Nanti tanya beliau sendiri," ucap Wiranto.

"Kalau reputasi saya kira sudah tahu semua ya nggak usah saya jelaskan, karier beliau juga luar biasa. Banyak sekali yang beliau sudah duduki selama beliau bekerja menjabat sebagai abdi negara. Bahkan pernah juga menggantikan saya jadi Menhan, pernah. Ini gantiin lagi jadi Polhukam. Emang nasibnya begitu memang, nggak apa-apa, ya gitu," sambung Wiranto.

Wiranto menambahkan, dia yakin dengan reputasi dan pengalaman Mahfud Md, Kemenko Polhukam akan semakin maju ke depan. Wiranto juga sudah menyusun buku yang bisa membantu Mahfud dalam menjalankan tugas. Selain itu, dia juga meminta jajaran Kemenko Polhukam turut membantu kinerja Mahfud.

"Khusus kepada saudara-saudara sekalian dari keluarga besar Kemenko Polhukam, saya sampaikan bahwa Pak Mahfud Md itu bukan orang lain, ya, saudara kita, sudah punya banyak pengalaman. Maka apa yang telah saudara sampaikan kepada saya, yang saudara bantu ke saya, kerja samanya ya, keikhlasannya, kesungguhannya, saya harapkan diteruskan kepada Pak Mahfud untuk bisa meringankan kerja beliau yang cukup rumit," ucap Wiranto.




Janji Fokus HAM, Mahfud Ingin Hidupkan UU yang Dicabut MK:

[Gambas:Video 20detik]



(hri/tor)