detikNews
2019/10/23 15:51:05 WIB

PBNU: Kiai-kiai Daerah Protes Menteri Agama Pilihan Jokowi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Halaman 1 dari 2
PBNU: Kiai-kiai Daerah Protes Menteri Agama Pilihan Jokowi Foto: Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU, Robikin Emhas (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Jenderal (Purn) Fachrul Razi dipilih Jokowi menjadi Menteri Agama (Menag). PBNU mengatakan penunjukan Fachrul Razi ini menuai kekecewaan dari kiai-kiai.

"Saya dan pengurus lainnya banyak mendapat pertanyaan terkait Menteri Agama. Selain pertanyaan, banyak kiai dari berbagai daerah yang menyatakan kekecewaannya dengan nada protes," kata Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU KH Robikin Emhas dalam keterangan tertulis, Rabu (23/10/2019).

Robikin menuturkan para kiai paham kemenag harus berada di garda depan dalam mengatasi radikalisme berbasis agama. Tapi, keputusan Jokowi memilih Fachrul Razi dipertanyakan kiai.

"Namun para kiai tak habis mengerti terhadap pilihan yang ada," ujarnya.


Dia melanjutkan, para kiai sudah lama merisaukan fenomena pendangkalan pemahaman agama yang ditandai merebaknya sikap intoleran. Lebih tragis lagi, bahkan sikap ekstrem dengan mengatasnamakan agama.

"Semua di luar kelompoknya kafir dan halal darahnya. Teror adalah di antara ujung pemahaman keagamaan yang keliru seperti ini," ucapnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com