Jabat Mendes, Apa Program Abdul Halim Iskandar?

Jabat Mendes, Apa Program Abdul Halim Iskandar?

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Rabu, 23 Okt 2019 14:58 WIB
Foto: Abdul Halim Iskandar (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Foto: Abdul Halim Iskandar (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta - Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar siap mewujudkan visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Apakah ada program baru?

"Semua program-program telah berjalan bagus nanti juga saya cek misalnya serapan kemudian tahapan-tahapan sampai seberapa banyak semua sudah sangat bagus," kata Abdul Halim Iskandar di Kemendes PDDT, TMP Kalibata No 17, Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019).

"Sehingga pada tahun ini saya melanjutkan dan mensukseskan apa yang sudah dijlankan Pak Eko (eks Mendes Eko Sandjojo) dan tentu ke depan semua yang saya lakukan adalah menjalankan visi misi presiden," imbuh dia.


Abdul Halim menyebut visi misi Jokowi saat ini adalah kelanjutan dari periode 2014-2019 karena lanjut dua periode. Dia yakin ada kesinambungan dan siap meningkatkan serta memperbaiki hal-hal yang masih kurang.

Lalu, apakah ada program baru di Kemendes PDTT?

"Kita lihat nanti, tergantung saran-saran beliau. Pasti beliau tahu, mungkin beliau akan sampaikan paling ini yang belum bisa menjadi prioritas program unggulan baru dan seterusnya pasti kita akan berterima kasih," kata dia.


Abdul Halim lalu berbicara soal pencegahan korupsi di Kemendes PDTT. Menurutnya, jika semua hal dilakukan sesuai aturan, korupsi tak akan terjadi.

"Ketika semua dijalankan sesuai dengan norma perundang-undangan, aturan yang berlaku, tidak ada tuh korupsi. Permasalahan korupsi kalau di kementerian, kalau di pemerintahan, bukan permasalahan kemiskinan tapi permasalahan yang terkait dengan ketidaksesuaian antara berlaku sikap dengan peraturan perundang-undangan," ucap Abdul Halim.

"Kita ingin mempertemukan itu jangan terjadi kesenjangan. Kalau tidak ada kesenjangan, selesai, nggak ada korupsi," tutur dia.


Sementara itu eks Mendes PDDT Eko Putro Sandjojo mengucapkan selamat kepada kakak Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin itu. Di mata Eko, Abdul Halim Iskandar merupakan sosok yang tegas.

"Pak Halim ini sahabat saya, sudah 20 tahun lebih. Dia orangnya humble, pekerja keras tapi tegas. Saya yakin di bawah kepemimpinan beliau pembangunan desa ini dapat terus berkelanjutan dan lebih baik lagi," sebut Eko.

Eko mengatakan persoalan di desa kebanyakan berkutat di kemiskinan, gizi buruk, pendidikan, gender hingga stunting. Menurut Eko, angka kemiskinan harus diturunkan dengan cara membentuk aktivitas ekonomi di desa-desa disertai pembangunan infrastruktur.

"Saya yakin saya akan memastikan bahwa di bawah kepemimpinan beliau, Kementerian Desa akan lebih baik lagi," kata Eko.


Simak Video "Doa dan Harapan Netizen untuk Para Menteri Baru"

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/hri)