detikNews
2019/10/21 17:49:58 WIB

Pleidoi Sofyan Basir

Bantah Soal Bagi-bagi Jatah Duit, Sofyan Basir Minta Dibebaskan

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bantah Soal Bagi-bagi Jatah Duit, Sofyan Basir Minta Dibebaskan Mantan Dirut PLN Sofyan Basir (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Terdakwa kasus suap berkaitan dengan proyek PLTU Riau-1, Sofyan Basir, mengaku tidak tahu sama sekali soal pembagian jatah suap dalam perkara itu. Dia mengaku tidak tahu bila berbagai pertemuan yang dilakukannya terkait kasus itu tak bersih dari janji-janji atau kesepakatan haram.

"Saya tidak mengetahui adanya janji atau kesepakatan serta pemberian uang secara bertahap dengan jumlah keseluruhan Rp 4,750 miliar dari Johanes Budisutrisno Kotjo kepada Eni Maulani Saragih," ucap Sofyan membacakan nota pembelaan atau pleidoi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Senin (21/10/2019).




Kotjo merupakan pengusaha yang ingin mengerjakan proyek PLTU Riau-1. Sedangkan Eni sebagai anggota DPR membantu Kotjo berkomunikasi dengan Sofyan sebagai Direktur Utama PT PLN saat itu selaku empunya proyek.

Kembali pada Sofyan. Dia membeberkan semua pertemuan yang dilakoninya bersama Kotjo dan Eni. Dalam setiap pertemuan, Sofyan mengaku selalu mengajak Supangkat Iwan Santoso yang saat itu menjabat Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com