detikNews
Jumat 18 Oktober 2019, 09:44 WIB

Beri Wejangan ke Polri, JK Ingatkan Loyalitas Pimpinan-Anak Buah

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Beri Wejangan ke Polri, JK Ingatkan Loyalitas Pimpinan-Anak Buah Foto: Wapres Jusuf Kalla (Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mendapatkan tradisi purna tugas dari Mabes Polri. JK memberikan wejangan kepada para petinggi Polri yang hadir dalam acara tersebut.

Awalnya Kapolri Jenderal Tito Karnavian memuji JK yang cerita mengenai pengalaman dalam penanganan konflik Ambon. Tito menyebut JK 'melindungi' tugas polisi terkait konflik yang menyedot perhatian publik.

"Saya dengan pak Kapolda saat itu, Badrodin Haiti, lapor pada presiden, Komnas HAM, Komisi III. Kita menghadap pada beberapa petinggi, jawabannya rata-rata disalahkan. Tapi ketika menghadap bapak, pertanyaannya singkat. 'Apakah yang meninggal bawa senjata?' (saya jawab) 'Ya' Jawaban bapak juga singkat, 'kalian sudah benar tidak boleh ada yang punya senjata selain TNI-Polri. Saya membackup kalian'," kata Tito di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (18/10/2019).



Menanggapi hal tersebut, JK mengatakan apa yang dilakukan merupakan bagian dari tugas. Dia mengatakan setiap pimpinan harus bisa mengayomi anak buah agar dapat menjalankan tugas tanpa rasa takut yang berlebihan.

"Banyak hal diceritakan, dianggap ketagasan. Bagi saya itu tugas. Kalau kita pemimpin tidak melindungi anak buah, bagaimana negeri ini," ujar JK.



JK sendiri mengaku pernah menjadi saksi yang meringankan bagi anak buahnya di pengadilan. Dia menuturkan pimpinan harus ikut membantu anak buahnya yang terkena masalah.

"Saya kadang jadi saksi di pengadilan, untuk meringankan saksi anak buah. Saya jujur, itu untuk menjaga anak buah yang tertib, sehingga menimbulkan loyalitas," jelasnya.

Dia mengatakan kalau setiap anak buah dibiarkan saja, maka akan timbul ketakutan. Hal tersebut dinilai tidak baik.

"Kalau dihukum dibiarkan maka timbul ketakutan. Kalau pejabat ketakutan siapa yang menjaga," tuturnya.



JK sendiri mengapresiasi kinerja Polri selama ini. JK menilai polisi berhasil dalam menjaga ketertiban dan keamanan.

"Saya berterima kasih kepada jajaran kepolisian yang mejaga ketertiban dalam negara ini, menjaga keamana dan melayani masyarakat dengan baik," ucapnya.
(fdu/zap)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com