Lawan Tak Hadir, Sidang Gugatan Caleg yang Terdepak Mulan Ditunda

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 17 Okt 2019 16:10 WIB
Foto: Mulan Jameela. (Lamhot Aritonang/detikcom).

Fahrul menyebut Mulan Jameela dkk dalam permohonannya di Majelis Kehormatan Partai mendalilkan adanya perselisihan terkait kecurangan pemilu. Ia menilai seharusnya Mulan Jameela dkk mengajukan laporan ke Bawaslu, baik di tingkat pusat hingga tingkat kabupaten/ kota.

Padahal hingga saat ini tidak ada putusan Bawaslu yang menyatakan bahwa Pelawan melakukan pelanggaran administrasi maupun tidak pidana pemilu yang akan diproses di Gakkumdu. Ia keberatan atas adanya SK pemberhentian keanggotaan secara sepihak tanpa kesalahan terhadap dirinya dan caleg Ervin Lutfi yang tidak melalui mekanisme yang diatur di AD/ART Partai Gerindra. Ervin juga turut tergeser Mulan.

Ia menduga ada beberapa aturan yang dilanggar Mulan Jameela Cs dan Partai Gerindra, yakni Pasal 422 UU 7/2017 tentang Pemilu, Pasal 16 UU 2/2011 tentang parpol, serta melanggar Pasal 61 dan Pasal 3, Pasal 4 ayat 3 dan 4 AD/ART Partai Gerindra.

"Bahwa antara Terlawan I sampai Terlawan IX dengan Terlawan X dan Terlawan XI dalam perkara aquo diduga kuat melakukan "rekayasa hukum" dengan cara melegitimasi dengan upaya Terlawan I sampai Terlawan IX (terkhusus terlawan III Mulan Jameela) membuat laporan keberatan kepada Mahkamah Partai Gerindra dengan dalih Caleg DPR terpilih Ervin Luthfi Dapil Jabar XI dari Partai Gerindra yang memperoleh suara terbanyak ketiga yakni 33.938 suara sah, hal ini tidak berdasar hukum dan melanggar Pasal 422 UU 7/2017 tentang Pemilu," kata Fahrul dalam berkas permohonan.


Ini bukan kali pertama Mulan menolak hadir di sidang gugatan. Mulan Cs juga digugat oleh eks caleg Gerindra dari Dapil I Jawa Tengah, Sigit Ibnugroho Saraspromo dengan kasus yang sama. Namun Sigit tergeser oleh Waketum Gerindra, Sugiono, sehingga gagal menjadi anggota DPR. Padahal, suara Sigit lebih tinggi yaitu yaitu 38.869 suara, sedangkan Sugiono 31.259 suara.

Sigit pun lantas mengajukan gugatan perlawanan ini karena keberatan dengan putusan PN Jaksel Nomor 520/Pdt.Sus.Parpol/2019/PN JKT.SEL. Putusan itu menjadi dasar bagi Partai Gerindra untuk menetapkan sejumlah caleg menjadi anggota DPR terpilih, termasuk Mulan dan Sugiono. Sidang pada Kamis (3/10) lalu juga ditunda lantaran Mulan Cs enggan meneken surat panggilan datang.
(yld/elz)