detikNews
2019/10/16 13:03:03 WIB

Melihat Langkah Anies soal Reklamasi Selama 2 Tahun Pimpin DKI

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Melihat Langkah Anies soal Reklamasi Selama 2 Tahun Pimpin DKI Foto: Anies Letakan Batu Pertama 'Jalasena' di Pulau Reklamasi (dok. Pemprov DKI)
Jakarta - Genap dua tahun Gubernur Anies Baswedan memimpin Provinsi DKI Jakarta. Ada sederet janji kerja yang dicanangkan. Salah satunya, soal komitmen Anies dalam menolak agenda reklamasi. Apa yang dilakukan Anies setahun ini terkait penghentian reklamasi?

Sebagaimana diketahui, Anies terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Pilgub 2017. Anies berpasangan dengan Sandiaga Uno. Mereka mengalahkan paslon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful dalam putaran kedua.

Anies dan Sandiaga lantas dilantik pada 16 Oktober 2017. Namun, pada 10 Agustus 2018, Sandi meninggalkan jabatannya sebagai Wagub karena maju mencalonkan diri sebagai cawapres dalam Pilpres 2019.


Dalam janjinya, Anies berjanji menghentikan reklamasi Teluk Jakarta untuk kepentingan pemeliharaan lingkungan hidup serta perlindungan terhadap nelayan, masyarakat pesisir dan segenap warga Jakarta. Anies menegaskan tidak boleh ada yang melanggar aturan.

Janjinya terkait penghentian reklamasi itu berpedoman pada lima prinsip. Berikut ini isinya:

1. Mengutamakan kepentingan nelayan dan masyarakat sekitar.
2. Mengutamakan pemeliharaan lingkungan.
3. Pulau-pulau reklamasi yang sudah terlanjur dibangun akan dikembalikan fungsinya untuk kepentingan masyarakat, konservasi dan infrastruktur.
4. Dalam keputusan-keputusan terkait pulau reklamasi, pemerintah provinsi akan membuka partisipasi publik, baik untuk konservasi atau pembangunan infrastuktur.
5. Pembangunan pulau-pulau reklamasi hanya untuk kepentingan komersial ditolak.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com