KPK Beri 'Bocoran' Pasca-OTT ke Kemendagri-Kemenkeu

Ibnu Hariyanto - detikNews
Selasa, 15 Okt 2019 15:07 WIB
Direktur Litbang KPK Wawan Wardiana (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Keberlangsungan pemerintahan serta penyerapan anggaran kerap disinggung selepas adanya operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK. Tindak lanjut pasca-OTT itu sebetulnya terangkum dalam kajian yang dilakukan KPK.

Meski sebetulnya kajian KPK itu dapat diakses secara mudah di situsnya, kali ini Direktorat Penelitian dan Pengembangan (Litbang) KPK mengundang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk membahas persoalan itu. Hasil kajian KPK yang disampaikan pada perwakilan dari Kemendagri dan Kemenkeu kali ini terkait pinjaman daerah untuk infrastruktur.


"Dilakukan kajian-kajian supaya beberapa hal agar yang terjadi itu tidak terjadi lagi," ucap Wawan Wardiana sebagai Direktur Litbang KPK di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019).

"Jadi (setelah) ada penindakan, berikutnya pencegahan yang masuk. Apa yang kami lakukan ini dalam rangka mencegah apa yang sudah terjadi (agar) ke depan tidak terjadi lagi. Maka lubang-lubang atau celah yang biasa digunakan kita tutupi dengan kajian dan rekomendasi ke stakeholder terkait," imbuh Wawan panjang lebar.