detikNews
2019/10/15 11:58:37 WIB

Koalisi Jokowi-Ma'ruf Potensi Makin Gemuk, JK Ngaku Tak Dilibatkan

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Halaman 1 dari 1
Koalisi Jokowi-Maruf Potensi Makin Gemuk, JK Ngaku Tak Dilibatkan Foto: Jokowi-JK. (Andhika Prasetia/detikcom).
Depok - Partai Demokrat, Gerindra, dan PAN memberi sinyal kuat untuk bergabung ke koalisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) periode 2019-2024. Menanggapi hal itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku tidak terlibat dalam pembahasan mengenai koalisi.

"Kalau soal koalisi saya tidak tahu, saya juga tidak tentu terlibat lagi. Karena tentu urusan presiden dan wakil presiden membangun suatu koalisi yg cocok untuk lima tahun ke depan dan persatuan nasional," kata JK di Depok, Jawa Barat, Selasa (15/10/2019).


Meski demikian, JK--yang sebentar lagi berpisah dengan Jokowi, mengatakan suatu pemerintahan harus ada penyeimbang. Dia berpesan oposisi harus ada walaupun kecil.

"Suatu pemerintah efektif harus ada check and balance. Jadi bagaimanapun walaupun kecil tetap ada check and balance," jelasnya.

Terkait sinyal bergabungnya partai-partai eks rival ke koalisi Jokowi-Ma'ruf Amin, JK menyinggung masih ada PKS yang tetap menjadi oposisi. Namun dia menegaskan tidak bisa memberi komentar banyak karena tidak terlibat dalam pembahasan koalisi.


"Tunggu aja deh. Saya tidak ingin memberikan komentar banyak soal koalisi soalnya saya tidak dalam arus itu," ujar JK.

Sebelumnya, Ketum Gerindra Prabowo Subianto telah melakukan kunjungan ke Jokowi, hingga partai-partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Hal yang sama juga dilakukan oleh Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang telah mengunjungi Jokowi di Istana Merdeka.

Kemudian Ketum PAN Zulkifli Hasan juga bertemu Jokowi dan membahas soal kemungkinan bergabung dalam koalisi. Tersisa hanya tinggal PKS yang memastikan akan oposisi. Meski begitu, belum ada kepastian apakah Gerindra, Demokrat, dan PAN akan resmi bergabung dengan koalisi pemerintahan atau tidak.




Tonton juga video Pak Jokowi, Ini Harapan Warga Untuk Periode Kedua:

[Gambas:Video 20detik]




(fdu/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com