detikNews
2019/10/14 17:52:55 WIB

Ingin Tanggung Dana Medis Wiranto, LPSK Ungkap Dasar Hukumnya

Laras Devi Rachmawati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ingin Tanggung Dana Medis Wiranto, LPSK Ungkap Dasar Hukumnya Konpers LPSK soal Wiranto (Laras/detikcom)
Jakarta - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) menjelaskan alasan merespons cepat dalam memberikan bantuan medis di kasus penusukan Menko Polhukam Wiranto. LPSK menegaskan perlindungan terhadap Wiranto sudah diberikan sesuai aturan.

"LPSK kemudian melakukan respons yang cepat pada hari Kamis yang lalu, LPSK kemudian mengadakan koordinasi sesaat setelah peristiwa itu terjadi, melakukan koordinasi dengan Densus 88 untuk menanyakan apa yang sebenarnya terjadi, dan dari pihak Densus 88 jelas dinyatakan bahwa telah terjadi tindakan terorisme. Sesuai dengan mandat UU Nomor 5 Tahun 2018, sebagaimana kita ketahui LPSK memang memberikan perlindungan sesaat setelah peristiwa terjadi," kata Wakil Ketua LPSK Antonius PS Wibowo di gedung LPSK, Cijantung, Jakarta Timur (14/10/2019).



Antonius mengaku mendapat berbagai pertanyaan dari sejumlah pihak mengenai respons cepat LPSK dalam kasus penusukan Wiranto. Antonius menjelaskan semua prosedur telah dilalui dengan baik.

"Kami sampaikan memang begitulah mandat UU Nomor 5 Tahun 2018 jadi perlindungan yang diberikan LPSK sesaat setelah peristiwa terjadi. Maka saat peristiwa terjadi, LPSK melakukan koordinasi dengan Densus 88 juga kemudian melakukan koordinasi dengan ajudan Pak Wiranto, dan dokter RSPAD yang memeriksa Pak Wiranto, kemudian kita mendeklarasikan secara resmi iya mari segera kita berikan bantuan medis untuk korban," ujar dia.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com