ADVERTISEMENT

Sunan Kuning Mau Tutup

Duh! Ratusan Mahasiswi Tercatat Pernah Jadi PSK di Sunan Kuning

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Sabtu, 12 Okt 2019 13:13 WIB
Kawasan Sunan Kuning (Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta - Sunan Kuning adalah lokalisasi yang cukup populer di Semarang. Di tempat ini, pernah ada 400 lebih PSK yang beroperasi. Seratusan di antaranya berstatus mahasiswi. Duh!

Sebagaimana diketahui, lokalisasi Sunan Kuning ini sudah ada sejak 19 Agustus 1966. Pada era itu, lokalisasi ini sangat populer. Saking populernya, sampai ada istilah khusus untuk mereka yang gemar berpelesir ke Sunan Kuning, eskaisme. Seperti dicatat Yapi Tambayong dalam bukunya yang berjudul 'Kamus Isme-Isme', eskaisme adalah pelafalan dari SK, singkatan dari Sunan Kuning.


Kawasan lokalisasi ini juga jadi tempat bernaung para PSK yang berstatus mahasiswi. Keberadaan PSK berstatus mahasiswi ini diuraikan dalam penelitian berjudul ''Sosiolek Pekerja Seks Komersial Berstatus Mahasiswa di Lingkungan Kampus dan Lingkungan Prostitusi' yang ditulis dalam Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Volume 19, Nomor 1, Juni 2017. Penelitian ini ditulis oleh R Riana, S Setiadi, dan ED Pratamanti dari Fakultas Hukum, Universitas Semarang.

Disebutkan dalam penelitian ini, pada Agustus 2017 jumlah PSK yang tergabung di lokalisasi Sunan Kuning, Semarang, yaitu 457 orang. Dari total PSK tersebut, 136 di antaranya adalah PSK berstatus mahasiswi. Para PSK berstatus mahasiswi ini berkuliah di berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang. Ada pula yang mengambil studi di beberapa kampus kecil di Kendal, Kudus, dan Jepara.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT