detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 11:59 WIB

Dinas LH Bekasi: Sampah Bambu di Sungai Cikeas Kiriman dari Bogor dan Depok

Isal Mawardi - detikNews
Dinas LH Bekasi: Sampah Bambu di Sungai Cikeas Kiriman dari Bogor dan Depok Foto: Sampah Bambu di Sungai Cikeas (Isal Mawardi/detikcom)
Bekasi - Sungai Cikeas, Bekasi, disesaki dengan sampah gelondongan bambu. Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi menduga sampah bambu itu kiriman dari hulu.

"(Kiriman) dari hulunya Bogor, Depok," ujar Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Masriwati, saat dikonfirmasi, Jumat (11/10/2019).

Sampah-sampah bambu itu menumpuk di satu titik. Karena bentuknya tak beraturan, sehingga terjadi penumpukan hingga seluas 120 meter.

"Namanya sampah bambu, ke sana-sini dia kan ngalir nggak lurus, belok ke sana, belok ke sini akhirnya nyangkut, membentuk pulau, saling mengikat," ujar Masriwati

Masriwati mengatakan banyak ditemukan pohon bambu di hulu Sungai Cikeas. Menurutnya, sampah bambu ini rutin memenuhi Sungai Cikeas setiap sehabis hujan turun.



"Ya iya kalau tidak ada penanganan dari hulunya ya akan terjadi begitu," ujar Masriwati

Sampah bambu di Sungai Cikeas, Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi, mendominasi ruas sungai pada Kamis (10/10) sore. Panjang bambu bervariasi mulai dari 1 meter hingga 2 meter. Terlihat pula batang pohon dan daun pisang.

Selain itu, juga tampak sampah-sampah rumah tangga. Mulai dari plastik hingga styrofoam. Air sungai hampir tak terlihat. Panjang tumpukan sampah mencapai sekitar 120 meter.







Tonton juga video Ternyata Balikpapan Punya Pengolahan Sampah Modern Loh!:

[Gambas:Video 20detik]




(isa/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com